Blog

apa itu hemoglobin

Apa itu Hemoglobin: Kadar Normal dan Fungsinya

Apa itu hemoglobin? Hemoglobin atau Hb adalah protein yang berada di dalam sel darah merah. Jika kadarnya normal, hemoglobin memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan, kadar hemoglobin harus tetap normal.

Hemoglobin berfungsi untuk memberikan warna merah pada darah dan mengangkut oksigen. Apa itu hemoglobin dan fungsinya untuk tubuh, serta berapa kadar normal hemoglobin dalam tubuh yang dianjurkan? Berikut penjelasannya.

Kadar Normal Hemoglobin dalam Tubuh

Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang berfungsi untuk memberikan warna merah pada darah dan mengangkut oksigen. Kadar normal hemoglobin di dalam tubuh tergantung pada usia dan jenis kelamin. Kadar hemoglobin normal pada perempuan dewasa, yaitu antara 12-15 g/dL, sedangkan kadar hemoglobin pada pria dewasa, yaitu antara 13-17 g/dL. 

Ketika kadar hemoglobin seseorang lebih tinggi atau lebih rendah dari kadar normal, maka bisa menandakan seseorang mengalami gangguan kesehatan. Berikut penyebab dan gejala kelainan pada hemoglobin:

1. Kadar hemoglobin rendah

Kadar hemoglobin yang rendah dalam tubuh menandakan seseorang terkena anemia. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti gangguan fungsi ginjal dan sumsum tulang, kehilangan darah, serta kekurangan nutrisi penambah darah, seperti zat besi, folat, dan vitamin B12. Beberapa gejala hemoglobin rendah, antara lain cepat lelah, dada berdebar, kulit terlihat pucat, sakit kepala, serta sesak napas. Hemoglobin rendah bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan yang tinggi zat besi, folat, dan vitamin B12, serta minum suplemen penambah darah, jika perlu.

2. Kadar hemoglobin tinggi

Kadar hemoglobin yang tinggi juga bisa menandakan seseorang mengalami gangguan kesehatan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai penyakit, seperti kanker, penyakit paru, tumor ginjal, kelainan jantung, polisitemia vera, dan dehidrasi. Selain itu, beberapa faktor juga bisa meningkatkan risiko hemoglobin tinggi, seperti efek samping obat-obatan, kebiasaan merokok, serta lingkungan. Beberapa gejala hemoglobin tinggi, antara lain lemas, sakit kepala, pusing, atau bahkan tidak bergejala. Meski tidak selalu berbahaya, namun kadar hemoglobin tinggi bisa meningkatkan risiko terjadinya stroke dan serangan jantung.

Fungsi Hemoglobin

Kadar hemoglobin normal dalam tubuh dapat memberikan banyak manfaat untuk menjaga kesehatan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Mempertahankan bentuk sel darah merah

Manfaat Hb lainnya adalah mempertahankan bentuk sel darah merah. Dalam bentuk yang normal, sel darah merah akan berbentuk bulat menyerupai donat tanpa lubang di tengah. Denga bentuk seperti itu, sel darah merah akan dengan mudah mengalir di dalam pembuluh darah untuk penyebarannya di seluruh tubuh.

2. Membawa oksigen ke seluruh tubuh

Membawa oksigen ke seluruh organ dan jaringan tubuh merupakan salah satu fungsi penting hemoglobin. Jika fungsi tersebut terganggu, maka kadar oksigen yang diperlukan tubuh tidak dapat terpenuhi dengan baik, sehingga dapat menimbulkan gangguan kesehatan, seperti Hipoksemia. Selain itu, fungsi tubuh juga akan terpengaruh dan hanya akan ada sedikit energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Penderita gangguan kesehatan ini akan mengalami beberapa gejala, seperti nyeri otot, mudah lelah, serta kesulitan bernapas.

3. Mengangkut karbondioksida

Hemoglobin juga berfungsi untuk mengangkut karbondioksida dari jaringan tubuh kembali ke paru-paru. Jika fungsi ini terganggu, maka kadar karbondioksida yang terlalu tinggi dapat menyebabkan keracunan karbondioksida, sehingga menyebabkan gangguan kesehatan yang serius, seperti asidosis.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout