Blog

Vitamin buat Ibu Hamil

6 Vitamin buat Ibu Hamil, Penting untuk Janin

Vitamin buat ibu hamil dibutuhkan untuk mendukung kesehatan diri dan perkembangan janin. Jika kekurangan nutrisi tersebut, maka dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin. Ketahui beberapa vitamin buat hamil yang direkomendasikan.

Tidak hanya mencegah anemia, vitamin buat ibu hamil juga bermanfaat untuk mendukung perkembangan janin. Selain makanan yang kaya nutrisi, vitamin ini juga bisa didapatkan dari suplemen. Berikut beberapa vitamin buat ibu hamil yang perlu Anda ketahui.

1. Asam Folat

Salah satu vitamin yang vital untuk masa awal kehamilan adalah vitamin B9 atau yang dikenal sebagai asam folat. Hal ini dikarenakan asam folat berperan penting dalam pembentukan sel-sel baru, terutama pembentukan material genetik DNA, sehingga sangat penting untuk pertumbuhan janin dalam rahim. Pada masa awal kehamilan, proses perkembangan janin terus berlangsung, sehingga membutuhkan banyak asupan nutrisi penting, seperti asam folat. Beberapa sumber alami asam folat, yaitu sayuran hijau, gandum utuh, kacang-kacangan, serta sereal.

2. DHA

Vitamin ibu hamil trimester 1 yang dianjurkan selanjutnya adalah DHA. Vitamin ini berperan dalam mendukung perkembangan saraf dan otak janin, serta menjaga kesehatan ibu hamil selama kehamilan. Selain itu, asupan DHA yang tercukupi akan membantu mengoptimalkan panjang dan berat lahir bayi. Para ahli merekomendasikan ibu hamil untuk mengonsumsi DHA sebanyak 300 miligram selama trimester pertama kehamilan.

3. Vitamin A

Vitamin A berperan dalam pertumbuhan janin, terutama mata, jantung, hati, paru-paru, tulang, dan sistem saraf. Ibu hamil dianjurkan untuk memenuhi asupan vitamin A sebanyak 770 mikrogram, dengan dosis maksimal 1.000 mikrogram per hari. Agar tetap aman, pastikan jangan melebihi dosis tersebut. Jika berlebihan, akan berisiko menyebabkan kelahiran cacat dan keracunan hati, terutama vitamin A dalam bentuk suplemen. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk memenuhi asupan vitamin A selama kehamilan trimester 1 melalui sumber alami, seperti sayuran dan buah-buahan.

4. Vitamin D

Vitamin D merupakan vitamin ibu hamil penting lainnya. Vitamin D berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta menunjang pertumbuhan tulang bayi dalam kandungan. Kekurangan vitamin D pada ibu hamil bisa berdampak pada tulang bayi, sehingga tidak tumbuh secara maksimal. Sumber alami vitamin D, antara lain ikan berlemak, minyak ikan, hati sapi, dan kuning telur.

5. Zat besi

Vitamin ini berperan penting dalam pembentukan hemoglobin untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Anemia bisa memicu berbagai masalah pada janin, seperti kelahiran prematur dan peningkatan volume plasma yang mengakibatkan kontraksi pada rahim. Zat besi juga juga berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan otak janin. Oleh karena itu, pastikan asupan zat besi harian ibu hamil tercukupi, yaitu 27 mg per hari.

6. Vitamin B6

Selama kehamilan, biasanya ibu hamil akan mengalami mual dan muntah yang merupakan gejala yang berhubungan dengan morning sickness. Untuk mengurangi gejala ini, ibu hamil dianjurkan untuk memenuhi asupan vitamin B6 atau piridoksin. Vitamin B6 bermanfaat untuk membantu perkembangan sistem saraf dan otak bayi. Selain itu, vitamin B6 juga berperan dalam memproduksi norepinefrin dan serotonin, yaitu dua jenis zat yang diperlukan tubuh. Beberapa sumber vitamin B6, antara lain kacang tanah, gandum utuh, pisang, serta kacang polong.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout