Blog

manfaat merendam kaki dengan air garam

6 Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam

Anda memiliki masalah pada kaki? Merendam kaki dengan air garam bisa menjadi salah satu solusinya. Manfaat merendam kaki dengan air garam adalah untuk mengatasi bau kaki, pegal-pegal, tumit pecah-pecah dan kasar, hingga infeksi jamur.

Selain itu, air garam juga bermanfaat untuk mengatasi nyeri otot selama masa kehamilan, yaitu dengan merendah tubuh di air garam. Untuk mendapatkan manfaat air garam, Anda sebaiknya menggunakan garam yang mengandung magnesium sulfat, seperti garam himalaya. Berikut 6 manfaat air garam yang perlu Anda ketahui.

Menghilangkan Bau Kaki

Manfaat merendam kaki dengan air garam adalah menghilangkan bau kaki. Bau kaki biasanya disebabkan oleh kaki yang tertutup oleh sepatu sepanjang hari, sehingga kaki menjadi lembap. Kondisi tersebut dapat berisiko bakteri berkembang biak. Pertemuan bakteri dan keringat pada kaki akan memicu munculnya bau tidak sedap pada kaki. Untuk mengatasinya, Anda dapat merendam kaki di air garam. Caranya, larutkan 1/2 sendok garam ke dalam wadah yang berisi air hangat, lalu rendam kaki Anda dalam wadah tersebut selama 10-20 menit. Hal ini akan membuat kaki Anda bersih dan mencegah bakteri penyebab bau kaki berkembang.

Merawat Kuku Kaki

Merendam kaki dengan air garam selama beberapa menit bisa menjadi solusi perawatan kuku kaki yang efektif. Cara ini akan membuat kuku kaki yang tebal menjadi lebih lunak dan lebih mudah dirapikan. Namun, merendam kaki dengan air garam saja tidak cukup. Anda juga perlu membersihkan, memotong kaki secara rutin, serta menggunakan sepatu dengan ukuran yang pas.

Mengatasi Nyeri dan Pembengkakan

Apakah Anda mengalami kaki yang tumbuh ke dalam atau cantengan? Untuk mengurangi rasa nyeri dan bengkak, Anda bisa mendapatkan manfaat merendam kaki dengan air garam. Caranya, rendam kaki dalam air garam selama 10-20 menit. Untuk hasil yang lebih optimal, lakukan cara ini setiap hari.

Mengatasi Kaki Pecah-Pecah

Manfaat merendam kaki dengan air garam berikutnya adalah mengatasi kaki kering atau tumit yang pecah-pecah. Anda bisa merendam kaki dengan air garam setiap hari untuk hasil yang lebih efektif. Selain itu, cara ini juga efektif untuk membuat otot kaki Anda menjadi lebih rileks.

Mencegah Insomnia

Anda mengalami gangguan tidur yang mengganggu? Rendam kaki dengan air garam yang mengandung magnesium sulfat untuk mengatasi hal tersebut. Hal ini bertujuan untuk melancarkan aliran darah pada kaki Anda. Dengan aliran darah yang lancar, maka dapat membantu Anda merasa lebih nyaman, mengurangi stres, serta menghilangkan rasa pegal pada kaki Anda.

Mengatasi Infeksi Jamur Kaki

Selain obat antijamur, Anda juga bisa mendapatkan manfaat merendam kaki dengan air garam untuk mengatasi infeksi jamur kaki. Caranya cukup mudah, yaitu siapkan wadah yang berisi air hangat dan rendam kaki Anda selama 20 menit. Lakukan cara ini dua kali sehari agar ruam akibat infeksi jamur dapat cepat mengering dan menghilang.

Itulah 6 manfaat merendam kaki dengan air garam yang bisa Anda terapkan dengan mudah di rumah. Namun, perlu diingat, cara-cara di atas hanya bersifat membantu, bukan pengobatan utama. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu dan ingin mengobati masalah pada kaki, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk penanganan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout