6 Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan

6 Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan

6 Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan

Anda tentunya sudah familiar dengan bawang putih. Namun, apakah Anda mengenal bawang putih tunggal? Sesuai namanya, bawang putih tunggal hanya terdiri dari satu siung saja, karena pengaruh lingkungan. Apa manfaat bawang putih tunggal untuk kesehatan?

Meski tidak digunakan untuk menyedapkan makanan secara alami, bawang putih tunggal dinilai lebih berkhasiat dibandingkan bawang putih pada umumnya. Berikut beberapa manfaat bawang putih tunggal yang perlu Anda ketahui.

 Seperti halnya bawang putih biasa, khasiat bawang putih tunggal berasal dari dua senyawa, yaitu allicin dan minyak atsiri. Namun, untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal, bawang putih tunggal perlu dikunyah secara langsung. Apa manfaat bawang putih tunggal untuk kesehatan? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Mengurangi kadar kolesterol jahat

Allicin merupakan kandungan yang menjadi sumber manfaat bawang putih tunggal. Salah satunya adalah menghambat penumpukan kadar kolesterol jahat yang menyebabkan penyakit jantung. Oleh karena itu, agar terhindar dari penyakit tersebut, Anda dianjurkan untuk makan bawang putih tunggal secara rutin.

2. Mencegah komplikasi kehamilan

Manfaat bawang putih tunggal berikutnya adalah mencegah berbagai komplikasi yang berbahaya selama kehamilan dengan cara mengoptimalkan fungsi enzim yang dibutuhkan selama kehamilan. Oleh karena itu, ibu hamil direkomendasikan untuk makan bawang putih tunggal secara rutin.

3. Mencegah diabetes

Manfaat bawang putih tunggal lainnya adalah menjaga kadar gula darah tetap stabil. Selain itu, allicin dalam bawang putih tunggal berfungsi untuk mengoptimalkan produksi insulin di tubuh, sehingga bisa mencegah diabetes secara efektif. Oleh karena itu, pengidap diabetes dan bukan pengidap diabetes dianjurkan untuk makan bawang putih tunggal secara rutin. 

4. Antioksidan alami

Riset yang diterbitkan oleh Digital Press Life Sciences juga menemukan manfaat allicin pada bawang putih tunggal, yaitu antioksidan alami yang bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit. Namun, Anda perlu makan bawang putih tunggal secara langsung untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal.

5. Memperlambat penuaan

Anda ingin terlihat awet muda? Coba makan bawang putih tunggal secara rutin. Fakta ini ditemukan melalui penelitian yang dikutip dari jurnal Pharmakeftiki. Studi tersebut meneliti pengaruh senyawa yang terkandung dalam bawang putih tunggal dalam mencegah terjadinya proses penuaan pada wajah. Hasilnya, senyawa tersebut berkontribusi nyata dalam memperlambat penuaan.

Meski demikian, diperlukan studi lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas bawang putih tunggal dalam memperlambat penuaan.

6. Meningkatkan stamina

Bagi Anda yang hobi berolahraga atau melakukan aktivitas fisik, makan bawang putih tunggal secara rutin bisa bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh. Untuk membuktikan hal ini, dilakukan suatu penelitian yang menguji efek penggunaan ekstrak bawang putih tunggal dalam meningkatkan imun tubuh. Hasilnya, ekstrak bawang putih berkontribusi nyata dalam meningkatkan stamina tubuh.

Meski demikian, manfaat bawang putih tunggal yang berkaitan dengan stamina tubuh pada manusia masih perlu dibuktikan melalui penelitian lebih lanjut. 

Itulah beberapa manfaat bawang putih tunggal yang perlu Anda ketahui. Jika Anda memiliki masalah medis tertentu, sebaiknya berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui dosis yang tepat sesuai dengan kondisi Anda. Hal ini bertujuan untuk mencegah efek samping yang membahayakan Anda.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout