Blog

vitamin b6 untuk ibu hamil

5 Manfaat Vitamin B6 untuk Ibu Hamil

Vitamin B6 adalah salah satu jenis vitamin B kompleks yang perlu dipenuhi asupannya selama kehamilan. Salah satu manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil adalah berperan dalam menjaga kesehatan ibu hamil dan janin.

Vitamin B6 juga berperan penting dalam membantu produksi sel darah merah, sehingga dapat mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil. Apa manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil lainnya? Berikut beberapa di antaranya.

Manfaat Vitamin B6 untuk Ibu Hamil

Selain manfaat yang sudah disebutkan di atas, berikut beberapa manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil lainnya yang perlu Anda ketahui:

1. Meredakan mual

Salah satu gejala kehamilan yang sangat umum dialami ibu hamil adalah morning sickness yang ditandai dengan mual dan muntah. Tidak hanya trimester pertama, morning sickness juga bisa dialami oleh ibu hamil pada trimester kedua dan ketiga. Oleh karena itu, ibu hamil bisa mengonsumsi vitamin B6 untuk meredakan mual.

2. Membantu pertumbuhan otak dan saraf janin

Selain menjaga kesehatan ibu hamil, vitamin B6 juga berperan penting dalam pembentukan dan perkembangan saraf dan otak janin. Dengan asupan vitamin B6 yang cukup, janin bisa tumbuh dan berkembang dengan normal, serta berisiko lebih rendah mengalami gangguan tumbuh kembang.

3. Mencegah preeklampsia

Kekurangan vitamin B6 dapat meningkatkan risiko terjadinya preeklampsia pada ibu hamil. Untuk mencegah hal ini, ibu hamil wajib untuk memenuhi asupan vitamin B6. Selain itu, vitamin B6 juga secara tidak langsung juga mencegah kelahiran prematur. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas vitamin B6 dalam mencegah preeklampsia.

4. Mencegah janin lahir dengan berat badan rendah

Kekurangan nutrisi saat hamil, seperti vitamin B6, adalah salah satu faktor yang bisa meningkatkan risiko bayi mengalami Berat Badan Lahir Rendah (BBLR). Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) adalah kondisi bayi lahir dengan berat kurang dari 2500 gram. BBLR merupakan salah satu penyebab utama gangguan kesehatan dan kematian pada bayi baru lahir. Oleh karena itu, pastikan ibu hamil untuk mengonsumsi vitamin B6 secara rutin.

5. Menjaga kadar gula darah

Mengonsumsi vitamin B6 selama kehamilan juga bisa menjaga kadar gula darah agar tetap normal. Hal ini dikarenakan vitamin B6 berfungsi untuk mengontrol dan mencegah peningkatan kadar gula darah bagi ibu hamil yang menderita diabetes gestasional.

Jumlah Asupan Vitamin B6 untuk Ibu Hamil

Jumlah asupan vitamin B6 untuk ibu hamil adalah sekitar 1,8-2 mg per hari. Namun, bagi ibu hamil yang memiliki keluhan tertentu, seperti berat badan kurang atau mual, asupan vitamin B6 mungkin perlu lebih tinggi. Berikut beberapa sumber alami vitamin B6:

  • Sayuran, seperti bayam, kentang, daun kelor, dan bawang.
  • Buah-buahan, seperti semangka, alpukat, pisang, labu, dan plum.
  • Biji-bijian, seperti wijen, biji rami (flaxseed), dan biji bunga matahari.
  • Ikan, daging, dan hati sapi.
  • Kacang-kacangan, seperti kacang kedelai, kacang tanah, kacang mete, serta kacang Arab (chickpea).

Selain makanan yang mengandung vitamin B6, ibu hamil juga bisa mendapatkan asupan vitamin B6 melalui suplemen. Jika ibu hamil ingin menggunakan suplemen vitamin B6, maka disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar dokter dapat menentukan dosis yang tepat, sehingga tetap aman untuk kehamilan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout