5 Manfaat Vitamin B Complex untuk Pria

5 Manfaat Vitamin B Complex untuk Pria

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Vitamin B complex dibutuhkan semua orang untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak hanya perempuan, pria juga sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin B complex. Apa manfaat vitamin B complex untuk pria?

Vitamin B complex berperan penting dalam membantu pembentukan sel darah merah, menjaga kesehatan saraf, dan memelihara fungsi organ otak. Apa manfaat vitamin B complex untuk pria? Simak penjelasan berikut.

Manfaat Vitamin B Complex untuk Pria

Berikut beberapa manfaat vitamin B complex untuk pria yang perlu Anda ketahui:

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit serius yang perlu diwaspadai sejak dini. Salah satu cara untuk mencegah penyakit ini adalah memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang tepat, seperti vitamin B complex. Vitamin B12, B6, dan asam folat bermanfaat untuk membantu mengurangi homosistein, yang merupakan protein yang dapat menumpuk dalam darah dan merusak dinding arteri, sehingga berperan dalam memicu penyakit jantung. 

Jika asupan vitamin B12 rendah dalam tubuh, maka bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. Selain memenuhi asupan vitamin B, Anda juga dianjurkan untuk rutin mengontrol tekanan darah, menjaga berat badan tetap ideal, rutin berolahraga, menghentikan kebiasaan merokok, membatasi konsumsi alkohol, dan mengelola stres dengan baik.

2. Meningkatkan vitalitas tubuh

Pria yang memenuhi kebutuhan vitamin B12 harian dari sumber alami atau suplemen memiliki energi yang lebih baik dibandingkan yang tidak memenuhi kebutuhan vitamin B12. Vitamin yang larut dalam air ini membantu dalam pembentukan sel darah merah, sehingga mencegah seseorang merasa lemah dan lelah yang merupakan gejala anemia.

3. Melindungi sel dan saraf

Manfaat vitamin B complex untuk pria lainnya adalah menjaga sistem saraf secara langsung, sehingga tetap dalam kondisi prima. Jika pria kekurangan nutrisi ini, maka dapat menimbulkan gejala, seperti mati rasa atau kesemutan di tangan, tungkai, atau kaki. Vitamin B12 juga membantu menghasilkan selubung lemak (myelin) yang mengelilingi dan melindungi saraf. 

Jika Anda kekurangan vitamin B12, maka sel saraf tidak dapat berfungsi dengan baik. Oleh karena, penuhi kebutuhan vitamin B12 harian dengan mengonsumsi beberapa makanan yang tinggi vitamin B12, seperti telur, ikan tuna, ikan salmon, dada ayam, daging sapi, susu low-fat, dan plain yoghurt.

4. Menjaga kesehatan mata

Salah satu manfaat vitamin B12 adalah menjaga kesehatan mata. Kekurang vitamin B12 dapat meningkatkan risiko kerusakan sistem saraf yang memengaruhi saraf optik yang mengarah ke mata. Selain itu, vitamin B12 juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya degenerasi makula yang berkaitan dengan usia. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan endapan di bagian belakang mata atau pertumbuhan pembuluh darah yang tidak normal dan umumnya menyerang orang yang lanjut usia. 

5. Menjaga fungsi indra perasa

Ada banyak gejala suatu penyakit yang dapat ditunjukkan melalui indra perasa, yaitu lidah. Salah satunya adalah kekurangan vitamin B12 yang dapat memicu peradangan lidah (glossitis). Penyakit ini bisa terasa sakit dan memengaruhi cara Anda makan dan berbicara. Beberapa gejala yang ditimbulkan, antara lain lidah akan terlihat merah, bengkak, atau terlihat mulus, karena tonjolan kecil di sepanjang lidah yang berisi indra perasa meregang dan menghilang. Jika Anda mengalami gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout