Blog

manfaat minyak kelapa untuk rambut

5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut

Minyak kelapa dikenal dengan beragam manfaat, mulai dari untuk memasak hingga menjaga kesehatan kulit. Namun, minyak kelapa ternyata juga dapat menjaga kesehatan rambut. Apa saja manfaat minyak kelapa untuk rambut? 

Minyak kelapa merupakan asam lemak rantai sedang yang mengandung sifat antimikroba, antivirus, dan antijamur. Minyak kelapa bisa mencegah hilangnya protein rambut, sehingga membuatnya lebih sehat. Berikut beberapa manfaat minyak kelapa untuk rambut.

Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut

Berikut beberapa manfaat minyak kelapa untuk rambut yang perlu Anda ketahui:

1. Melembapkan rambut

Penelitian menyatakan bahwa asam laurat yang terkandung dalam minyak kelapa berperan sebagai pelembap rambut jika digunakan sebelum keramas. Namun, pastikan Anda memilih minyak kelapa alami yang bebas bahan kimia agar rambut lembut, sehat, dan berkilau.

2. Memperbaiki rambut rusak

Asam laurat dalam minyak kelapa juga bermanfaat untuk mencegah rambut kehilangan protein. Asam laurat juga membuat minyak kelapa mudah diserap ke dalam batang rambut, sehingga mampu mengatasi kerusakan yang terjadi. Anda bisa menggunakan minyak kelapa untuk rambut kapan saja, baik sebelum maupun setelah keramas.

3. Mencegah kerontokan

Rambut yang ditata secara berlebihan dapat merusak batang rambut dan menyebabkan kerontokan. Untuk mengatasi rambut rontok, Anda bisa menggunakan minyak kelapa.

4. Memanjangkan rambut

Banyak orang yang ingin memiliki rambut panjang, halus, dan berkilau. Namun, cuaca, udara, polusi, sinar matahari, pewarna, dan alat penata rambut, bisa menyebabkan rambut rusak dan membuatnya sulit tumbuh panjang. Minyak kelapa dapat melindungi rambut dari kerusakan dan membuatnya menjadi lebih panjang. Agar hasilnya optimal, gunakan minyak kelapa secara rutin.

5. Mengatasi ketombe

Infeksi jamur pada kulit kepala bisa menyebabkan ketombe. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan minyak kelapa yang dipercaya dapat mengatasi ketombe akibat infeksi jamur, karena memiliki sifat antijamur dan antibakteri. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas minyak kelapa dalam mengatasi ketombe.

Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Rambut

Untuk mendapatkan manfaat minyak kelapa, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

1. Sebagai kondisioner

Gunakan minyak kelapa sebagai kondisioner untuk membantu menguatkan rambut dan mencegah rambut bercabang. Caranya, teteskan minyak kelapa pada kondisioner yang biasa Anda gunakan, lalu oleskan pada batang rambut.

2. Sebagai perawatan rambut kusut

Untuk mengatasi rambut yang kusut, gunakan minyak kelapa untuk mengatasinya. Caranya, oleskan beberapa tetes minyak kelapa pada rambut yang masih basah. Biarkan minyak kelapa meresap ke dalam setiap helai rambut Anda. Setelah itu, tata rambut seperti biasa.

3. Sebagai masker rambut

Caranya, cukup pijat kulit kepala dengan menggunakan dua sendok teh minyak kelapa. Pastikan akar hingga ujung rambut terlumuri minyak kelapa atau gunakan sisir untuk meratakannya. Setelah itu, kuncir atau gulung rambut, kemudian bungkus dengan penutup kepala. Diamkan selama beberapa jam atau biarkan semalaman, terutama jika rambut Anda kering dan rusak. Setelah itu, keramas seperti biasa.

Selain masker, Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa secara rutin sebelum keramas. Caranya, oleskan minyak kelapa pada batang hingga ujung rambut, lalu diamkan selama 15-30 menit.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout