Blog

manfaat cuka apel

5 Manfaat Cuka Apel: Ampuh untuk Imun Tubuh di Masa Pandemi

Seiring dengan kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat, popularitas cuka apel semakin meningkat akhir-akhir ini. Cuka apel berasal dari sari buah apel yang difermentasi sehingga membentuk probiotik dan enzim. Dengan kandungan gula dan kalori yang rendah, manfaat cuka apel sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Untuk mendapatkan khasiat cuka apel bagi kesehatan, Anda cukup mengonsumsi satu hingga dua sendok makan cuka apel. Sebelum mengenal manfaat cuka apel, mari membahas kandungan nutrisi yang terdapat pada cuka apel berikut.

Kandungan Nutrisi Cuka Apel

Anda bisa mendapatkan manfaat cuka apel meski hanya mengonsumsi sekitar satu atau dua sendok makan. Hal ini dikarenakan cuka apel memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Antioksidan
  2. Zat besi
  3. Magnesium
  4. Fosfor
  5. Mangan
  6. Asam Amino
  7. Kalori (3 kalori per sendok)

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

Hanya membutuhkan satu atau dua sendok makan, Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat cuka apel. Mulai dari mencegah berbagai penyakit hingga membantu menurunkan berat badan. Berikut 5 manfaat penting cuka apel yang perlu Anda ketahui:

Menurunkan Berat Badan

Manfaat yang satu ini telah dibuktikan oleh ahli kesehatan melalui beberapa penelitian. Salah satunya, penelitan yang menemukan bahwa mengonsumsi hanya dua sendok makan cuka apel selama 12 minggu dan disertai gaya hidup sehat, menghasilkan penurunan berat badan hampir 2 kilogram. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa cuka apel dapat meningkatkan rasa kenyang, sehingga dapat membantu mengurangi asupan yang menyebabkan kenaikan berat badan. Dalam penelitian lainnya menunjukkan bahwa mengonsumsi cuka apel dapat menurunkan 275 kalori sepanjang hari. 

Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Tahukah Anda, penyakit kanker disebabkan oleh paparan radikal bebas yang berlebihan pada tubuh, sehingga mengakibatkan kerusakan sel-sel tubuh. Paparan radikal bebas banyak ditemukan pada asap rokok, radiasi sinar ultraviolet, serta polusi kendaraan. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi cuka apel yang mengandung beta karoten dan antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, sebaiknya Anda perlu menghindari paparan radikal bebas dengan menggunakan masker. 

Mengatasi Masalah Kulit

Anda memiliki masalah kulit, seperti kulit berjerawat atau eksim? Atasi dengan menggunakan cuka apel yang dipercaya berkhasiat mengobati berbagai masalah kulit. Cuka apel memiliki sifat antibakteri yang efektif dalam mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat dan mencegah munculnya bintik-bintik akibat bakteri. Selain itu, cuka apel juga dapat mengembalikan pH kulit, sehingga dapat mengurangi gejala eksim.

Mengatasi Sembelit

Jika Anda memiliki masalah pencernaan, seperti perut kembung atau sulit buang air besar, Anda bisa memanfaatkan cuka apel sebagai alternatif pengobatan. Kandungan probiotik yang tinggi dalam cuka apel bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus, meningkatkan kesehatan organ pencernaan, dan membantu proses penyerapan nutrisi pada makanan. Selain itu, jika cuka apel dikonsumsi secara rutin, dapat membantu mengatasi sembelit.

Meningkatkan Imun Tubuh

Cuka apel sangat baik dikonsumsi secara rutin di tengah masa pandemi. Hal ini dikarenakan cuka apel berfungsi untuk meningkatkan imun tubuh, serta mencegah bakteri, virus, dan kuman penyebab berbagai penyakit. Jika Anda mengalami gejala pilek seperti sakit tenggorokan atau gejala sinus, Anda bisa mengonsumsi cuka apel untuk menurunkan gejalanya.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout