Blog

makanan yang mengandung asam folat

5 Makanan yang Mengandung Asam Folat untuk Kesehatan

Asam folat tidak hanya dibutuhkan oleh ibu hamil, namun juga setiap orang untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Asam folat bermanfaat untuk pembentukan gen, metabolisme protein, hingga kesehatan mental. Salah satu cara untuk memenuhi asupan asam folat harian adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat.

Asupan asam folat harian setiap orang berbeda-beda, yaitu 300 mcg untuk yang berusia 9-13 tahun, 400 mcg untuk yang berusia 14 tahun ke atas, ibu hamil 600 mcg per hari, dan ibu menyusui sekitar 500 mcg. Ada beragam jenis makanan yang mengandung asam folat yang bisa Anda konsumsi. Berikut 5 di antaranya:

Sayuran hijau

Sayuran hijau dikenal dengan kandungan nutrisinya yang sangat lengkap, salah satunya asam folat. Dengan mengonsumsi sayuran hijau secara rutin, Anda dapat memenuhi asupan asam folat harian. Beberapa jenis sayuran hijau yang tinggi akan asam folat, antara lain brokoli, bayam, asparagus, lobak, selada, dan kucai

Buah-buahan

Selain sayuran hijau, buah-buahan juga merupakan sumber folat yang baik. Beberapa buah-buahan yang dapat Anda konsumsi, antara lain keluarga sitrus, seperti lemon, jeruk, jeruk bali, serta jeruk nipis. Buah-buahan lainnya, termasuk tomat, alpukat, buah bit, pisang, pepaya, serta melon jingga.

Kacang-kacangan

Makanan yang mengandung asam folat berikutnya adalah kacang-kacangan. Selain dapat memenuhi asupan asam folat harian Anda, kacang-kacangan juga bisa dijadikan sebagai camilan sehat. Beberapa jenis kacang-kacangan yang kaya akan asam folat, antara lain kacang hijau, kacang tanah, kacang polong, kacang merah, kacang walnut, dan kacang tolo. Kacang-kacangan, terutama kacang merah, juga baik dikonsumsi ibu hamil untuk menjaga kesehatan ibu dan janin.

Makanan tinggi protein

Tahukah Anda, makanan yang tinggi protein ternyata juga tinggi akan asam folat. Antara lain, telur, makanan laut, daging unggas, hati sapi, daging merah, serta hati ayam. Mengonsumsi 1 porsi hati sapi, yaitu sekitar 85 gram, dapat memenuhi setengah dari kebutuhan asam folat harian Anda.

Makanan terfortifikasi asam folat

Selain beberapa makanan di atas, kandungan asam folat juga bisa Anda dapatkan melalui beberapa produk makanan olahan, seperi pasta, roti, dan sereal. Beberapa jenis makanan tersebut difortifikasi atau diberikan tambahan asam folat. Untuk memastikan kandungan asam folat dalam makanan, sebaiknya Anda membaca label kemasan makanan yang akan Anda beli terlebih dahulu.

Manfaat Asam Folat untuk Kesehatan

Mencukupi kebutuhan asam folat harian akan memberikan banyak manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat asam folat yang perlu Anda ketahui:

  • Membantu membentuk sel darah merah dan DNA
  • Menjaga fungsi sel dalam tubuh
  • Mencegah anemia dan penyakit jantung
  • Mencegah risiko penyakit kanker
  • Meningkatkan kesehatan mental
  • Menurunkan risiko demensia atau pikun
  • Menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku

Khusus untuk ibu hamil, mencukupi kebutuhan asam folat harian dapat menurunkan risiko terjadinya cacat lahir pada bayi, seperti anensefali dan spina bifida, lahir dengan berat badan rendah, dan terlahir prematur. Selain bisa didapatkan dari makanan, pada beberapa kondisi kesehatan, kebutuhan asam folat dapat meningkat sehingga diperlukan tambahan dari suplemen. Untuk mengetahui jumlah asupan asam folat yang dibutuhkan tubuh dan perlu tidaknya mengonsumsi suplemen asam folat, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout