Blog

makanan yang mengandung zat besi untuk ibu hamil

5 Jenis Makanan yang Mengandung Zat Besi untuk Ibu Hamil

Saat hamil, ibu membutuhkan banyak sel darah merah untuk memastikan janin mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan. Salah satu nutrisi yang bisa memenuhi kebutuhan ibu adalah zat besi. Zat besi bisa didapatkan dari makanan yang mengandung zat besi untuk ibu hamil.

Zat besi bagi ibu hamil bermanfaat untuk menurunkan risiko kelahiran prematur, serta mencegah berbagai masalah pada bayi, seperti berat badan lahir bayi rendah dan defisit kognitif dan perilaku pada bayi. Untuk memenuhi asupan zat besi harian, berikut 5 jenis makanan yang mengandung zat besi untuk ibu hamil yang direkomendasikan:

Lihat Juga: Suplemen Penambah Darah Berbentuk Tablet Larut

Makanan yang Mengandung Zat Besi untuk Ibu Hamil

Berikut beberapa jenis makanan kaya akan zat besi yang baik dikonsumsi selama kehamilan:

1. Daging sapi tanpa lemak

Daging tanpa lemak adalah salah satu sumber zat besi yang baik untuk ibu hamil. Dikutip dari jurnal dalam U.S. Department of Agriculture, satu porsi atau 3 ons daging sapi sirloin tanpa lemak mengandung sekitar 1,5 miligram zat besi. Namun, hindari mengonsumsi daging yang kurang matang selama kehamilan, karena berisiko kontaminasi bakteri. Oleh karena itu, sebelum steak dimasak, siapkan termometer daging terlebih dahulu. Selain itu, jika ibu hamil makan daging sapi di restoran, mintalah agar daging atau steak yang disajikan memiliki tingkat kematangan yang baik. 

2. Ayam

Makanan yang mengandung zat besi untuk ibu hamil lainnya adalah ayam. Dikutip dari U.S. Department of Agricultural, ayam mengandung 1,5 mg zat besi per ons. Ayam termasuk aman untuk dikonsumsi selama kehamilan, namun seperti halnya daging sapi, pastikan ayam dimasak dengan kematangan sempurna pada suhu 73,8 derajat Celsius untuk menghindari konsumsi bakteri berbahaya, seperti Listeria.

3. Salmon

Salmon merupakan sumber zat besi yang baik untuk ibu hamil. Dalam satu ikan salmon Atlantik dengan berat setengah pon, mengandung 1,6 mg zat besi. Agar aman dikonsumsi ibu hamil, pastikan salmon dimasak dengan suhu 62,8 derajat Celsius. Selain tinggi zat besi, salmon juga kaya akan asam lemak omega-3 dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil. Salmon juga mengandung kadar merkuri lebih rendah dibadingkan dengan beberapa jenis ikan lainnya, seperti ikan todak dan tuna, sehingga lebih aman untuk ibu hamil. 

4. Kacang-kacangan dan lentil

Selain sumber serat dan protein, kacang dan lentil juga kaya akan zat besi, sehingga baik dikonsumsi selama kehamilan. Dalam satu cangkir lentil, mengandung 6,6 mg zat besi harian yang dibutuhkan ibu hamil. Untuk mendapatkan manfaat lentil dan kacang-kacangan, ibu bisa memasukannya ke dalam makanan sehari-hari, bisa ditaburkan di salad, atau dipanaskan beberapa genggam sebagai lauk saat makan malam. 

5. Bayam dan kangkung

Bayam dan kangkung juga kaya akan kandungan zat besi, vitamin, dan antioksidan yang penting untuk ibu hamil. Dalam satu cangkir kangkung matang, mengandung 1 mg zat besi, sedangkan bayam mengandung 6,4 mg zat besi per porsi atau dalam satu cangkir. Untuk mendapatkan manfaat bayam dan kangkung, ibu hamil bisa menambahkannya ke salad, menumisnya di dalam panci, memasukannya ke dalam smoothie untuk camilan bergizi, atau mencampurnya menjadi telur dadar.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout