Blog

cara cepat tidur untuk orang yang susah tidur

5 Cara Cepat Tidur untuk Orang yang Susah Tidur

Tidur yang berkualitas sangat penting untuk menjaga kesehatan manusia. Namun, tidak semua orang bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, terutama penderita susah tidur atau insomnia. Apa cara cepat tidur untuk orang yang susah tidur?

Bagi Anda yang mengalami kesulitan tidur atau insomnia, jangan khawatir. Ada beberapa cara yang cukup efektif untuk mengatasinya. Berikut beberapa cara cepat tidur untuk orang yang susah tidur untuk Anda terapkan di rumah:

Cara Cepat Tidur untuk Orang yang Susah Tidur

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, berikut lima cara cepat tidur untuk orang yang susah tidur:

1. Memiliki jadwal tidur

Membuat jadwal tidur adalah salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Jadwal tersebut perlu ditaati setiap hari, sehingga Anda akan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Memiliki jam tidur yang sama setiap hari akan membantu tubuh untuk mengenali kapan waktunya Anda mengantuk, serta kapan waktunya untuk bangun.

2. Berolahraga secara teratur

Rutin berolahraga juga bisa menjadi salah satu solusi untuk membuat Anda bisa tidur nyenyak. Baik olahraga ringan, sedang, hingga berat dapat membuat Anda lebih mudah mengantuk. Selain itu, olahraga juga bisa meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi risiko mengalami gangguan tidur.

Penelitian pada International Review of Psychiatry menemukan bahwa penderita insomnia kronis yang rutin berolahraga dapat mempercepat waktu yang biasanya ia habiskan untuk menunggu rasa kantuk datang, sehingga ia semakin cepat untuk tidur nyenyak.

3. Relaksasi dengan yoga

Bagi Anda yang mengalami kesulitan tidur atau bahkan gangguan tidur kronis, cobalah untuk melakukan yoga secara rutin. Penelitian pada 2013 menemukan bahwa Anda akan lebih cepat tidur dengan cara mempraktekkan yoga secara rutin. Selain itu, penelitian lainnya juga membuktikan bahwa 59% orang dewasa yang rutin melakukan yoga mengalami peningkatan kualitas tidur sehari-hari. Semakin sering Anda melakukan yoga, semakin besar pula potensi peningkatan kualitas tidur Anda.

4. Mengurangi penggunaan alat elektronik

Mengurangi penggunaan smartphone atau menonton televisi sebelum jam tidur juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang susah tidur. Hal ini dikarenakan kebiasaan-kebiasaan tersebut membuat Anda semakin sulit tidur lelap. Hal ini berisiko membuat kualitas tidur berkurang, sehingga Anda bisa mengalami gangguan tidur. Oleh karena itu, sebaiknya jauhkan gadget dari pandangan mata, setidaknya satu jam sebelum mulai tidur.

 5. Mengurangi konsumsi kafein

Kafein merupakan salah satu stimulan yang bisa Anda temukan dalam berbagai jenis minuman, seperti kopi, teh, dan minuman berenergi. Sebenarnya Anda tidak dilarang untuk minum minuman berkafein, apalagi, minuman berkafein juga dipercaya dapat meningkatkan energi Anda di siang hari. Meski demikian, minuman berkafein juga memiliki efek samping yang perlu diwaspadai. 

Mengonsumsi kopi, teh, dan minuman yang mengandung kafein lainnya, dapat membuat Anda sulit tidur, sehingga bisa mengurangi kualitasnya. Oleh karena itu, jika Anda ingin tidur lelap, pastikan untuk mengurangi minuman jenis ini. Usahakan waktu paling akhir untuk mengonsumsi kafein adalah 5-6 jam sebelum jam tidur. Hal ini dikarenakan efek stimulan dari kafein akan memudar setelah empat jam.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout