Blog

buah yang bagus untuk ibu hamil trimester ke 2

5 Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil Trimester ke-2

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Memasuki masa kehamilan trimester kedua, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan aneka nutrisi seperti zat besi, asam folat, kalsium serta vitamin dan mineral lainnya. 

Asupan nutrisi tersebut perlu ditingkatkan untuk mendukung kesehatan ibu hamil dan membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi. Salah satu makanan yang tinggi vitamin dan mineral adalah buah-buahan Berikut beberapa buah yang bagus untuk ibu hamil trimester ke-2.

1. Jeruk

Dikutip dari American Pregnancy Association, ibu hamil membutuhkan setidaknya 70 mg vitamin C per hari. Asupan vitamin C bisa didapatkan melalui jeruk. Selain vitamin C, jeruk juga kaya akan folat dan air. Vitamin C bermanfaat untuk membantu mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi, air dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi selama kehamilan, sedangkan folat berfungsi untuk membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

2. Mangga

Mangga mengandung vitamin A dan vitamin C yang baik untuk ibu hamil. Dalam satu cangkir mangga cincang, sudah memenuhi asupan vitamin C harian yang direkomendasikan dan sepertiga dari asupan vitamin A harian. Vitamin A dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dan mencegah risiko terjadinya infeksi pernapasan pada bayi, karena bayi yang lahir dengan defisiensi vitamin A akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih rendah dan risiko komplikasi pascanatal yang lebih tinggi, seperti infeksi pernapasan. Oleh karena itu, tambahkan mangga sebagai diet yang sehat selama kehamilan. Namun, konsumsi mangga secukupnya, jangan berlebihan dan tetap dibarengi dengan konsumsi buah yang lain.

3. Apel

Apel juga merupakan salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil di trimester ke-2. Apel kaya akan serat, vitamin A, vitamin C, dan kalium. Ibu hamil yang rutin mengonsumsi apel akan berdampak positif pada perkembangan bayi. Studi dalam jurnal Thorax menyatakan bahwa mengonsumsi apel saat hamil dapat mengurangi risiko bayi terserang asma dan alergi di kemudian hari.

4. Pisang

Mengonsumsi pisang juga disarankan saat kehamilan trimester ke-2. Pisang mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk ibu hamil, seperti vitamin C, vitamin B6, serat, dan kalium. Salah satu masalah yang sering terjadi pada ibu hamil adalah sembelit. Sembelit bisa disebabkan oleh kekurangan serat. Untuk mengatasi masalah ini, ibu hamil dianjurkan untuk rutin mengonsumsi pisang yang bermanfaat untuk membantu mengatasi sembelit selama kehamilan. Selain itu, dikutip dari  ranian Journal of Nursing and Midwifery Research, vitamin B6 dalam pisang juga bermanfaat untuk mengurangi rasa mual dan muntah di awal kehamilan. 

5. Pir

Buah yang bagus untuk ibu hamil trimester ke-2 lainnya adalah pir. Dikutip dari jurnal Nutrition Today, pir merupakan sumber serat, folat, kalium, dan vitamin C. Asupan serat yang tercukupi selama kehamilan bermanfaat untuk membantu meringankan sembelit yang menjadi salah satu masalah yang paling sering dialami ibu hamil. Sedangkan, kalium berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung ibu dan janin, serta merangsang regenerasi sel dalam tubuh.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout