5 Vitamin yang Bagus untuk Kulit

Vitamin yang Bagus untuk Kulit – Seluruh tubuh membutuhkan nutrisi agar kesehatannya terpelihara. Begitu pula dengan bagian tubuh paling luar yaitu kulit. Apalagi, kulit paling sering berinteraksi dengan lingkungan.

Salah satu jenis nutrisi yang dibutuhkan adalah vitamin. Vitamin ini bisa diperoleh dari konsumsi makanan, suplemen, hingga penggunaan produk perawatan kulit. Berikut ini beberapa vitamin yang bagus untuk kulit.

Vitamin yang Bagus untuk Kulit

Kulit merupakan bagian tubuh yang memerlukan nutrisi. Setidaknya, ada 5 vitamin yang bagus untuk kulit. Pelajari di sini, ya!

1. Vitamin A

Vitamin yang bagus untuk kulit yang pertama adalah vitamin A. Memang, vitamin ini lebih dikenal manfaatnya untuk menjaga kesehatan mata. Tapi sebetulnya, vitamin A juga diperlukan untuk kesehatan kulit.

Salah satu manfaat yang kamu rasakan dari vitamin A adalah kulit yang awet muda. Ini didapatkan dari fungsinya dalam mengurangi tanda-tanda penuaan dini, misalnya garis halus atau kerutan di wajah.

Tak hanya itu, vitamin A juga berkontribusi dalam perbaikan kesehatan kulit. Ketika terdapat jaringan kulit yang rusak, vitamin A akan mendorong pemulihannya.

Untuk memperoleh vitamin A secara alami, kamu bisa mengonsumsi makanan bergizi. Mulai dari wortel, sayur-sayuran hijau, sampai ubi jalar. Kalau pada produk perawatan kulit, kandungan vitamin A sering disebut retin-A, retinoid, atau renova.

2. Vitamin B

Vitamin B juga termasuk vitamin yang bagus untuk kulit. Ada beberapa turunan dari vitamin B. Kandungan vitamin B3 dan B5 yang biasanya tersedia pada produk perawatan kulit.

Secara umum, vitamin B bermanfaat dalam menjaga kualitas sel pada kulit. Keberadaannya dibutuhkan terutama dalam proses produksi sel-sel kulit sehat yang baru.

Secara khusus, vitamin B3 biasanya digunakan untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini serta bintik hitam di wajah. Kalau vitamin B5, manfaatnya juga baik dalam mengatasi tanda penuaan pada kulit, tetapi juga mengendalikan jerawat.

Nah, untuk memperoleh manfaatnya, ada beberapa makanan yang mengandung vitamin B tinggi. Kamu bisa mengonsumsi pisang, telur, hingga beras yang mudah ditemukan di Indonesia.

3. Vitamin C

Vitamin C terkenal dengan nutrisinya yang memiliki banyak manfaat. Terutama untuk menjaga kekebalan tubuh seseorang. Nah, vitamin C juga merupakan vitamin yang bagus untuk kulit.

Vitamin C memiliki antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan ini berguna ketika kulit harus memproduksi kolagen. Kolagen selanjutnya bekerja memelihara kesehatan kulit dengan mengurangi tanda-tanda penuaan yang mungkin muncul.

Vitamin ini mudah ditemukan pada produk perawatan kulit khusus anti-aging, hingga tabir surya. Pasalnya, kandungan vitamin C juga akan membuat tabir surya bekerja secara efektif melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kanker.

Ada beberapa rekomendasi makanan sehat yang akan memberikan manfaat dari vitamin C. Di antaranya buah stroberi, lemon, jeruk, serta sayuran hijau seperti bayam dan brokoli.

4. Vitamin D

Selanjutnya ada vitamin D, vitamin yang bagus untuk kulit. Terutama kalsitriol, salah satu jenis dari vitamin D.

Vitamin D ini akan mengatasi iritasi dan peradangan pada kulit. Manfaat dari nutrisi ini memang mengatasi gangguan yang dapat dialami kulit. Termasuk gejala psoriasis, gangguan yang paling umum muncul di kulit berupa ruam.

Tapi, ada catatan khusus untuk vitamin D. Jika kamu memiliki riwayat kanker kulit, sebaiknya konsultasikan kebutuhan kulit secara langsung pada dokter. Termasuk untuk menjemurkan diri di bawah sinar matahari, cara alami memperoleh vitamin D.

Cara lain untuk mendapatkan vitamin D, sama seperti vitamin lainnya yaitu dengan mengonsumsi makanan tertentu. Untuk vitamin D, konsumsi saja jus jeruk, sereal, yoghurt, ikan tuna, ikan salmon, hingga ikan kod.

5. Vitamin E

Nah, dari semua vitamin, vitamin E lah yang memiliki fungsi utama untuk menjaga kesehatan kulit. Maka tak heran, jika banyak produk perawatan kulit yang mengandung vitamin Ini.

Pertama, vitamin E berfungsi sebagai antioksidan. Artinya, vitamin ini akan melindungi kulit dari gangguan dan resiko kerusakan, misalnya yang dipicu oleh paparan sinar ultraviolet.

Saat bekerja, vitamin E akan menyerap sinar ultraviolet tersebut agar manfaatnya lebih baik pada kulit. Misalnya menghindari munculnya kerutan dan bercak hitam pada wajah.

Selanjutnya, vitamin E juga akan menjaga kelembaban kulit. Kulit yang kering menandakan kondisi yang kurang sehat, bahkan memudahkan terjadinya peradangan.

Selain dari penggunaan produk perawatan kulit, vitamin E juga bisa didapatkan dari beberapa makanan. Khususnya makanan berupa biji-bijian dan kacang-kacangan, di antaranya hazelnut, kacang almond, serta biji bunga matahari.

Perhatikan asupan lima vitamin di atas untuk memelihara kesehatan kulit. Vitamin ini juga bisa didapatkan secara praktis dengan konsumsi suplemen tambahan. Beberapa produk vitamin dari Pyfa Health akan membantu tubuh memenuhi kebutuhannya.

Share this post

Best Seller Products

Related Post

kegunaan tisu magic

Kegunaan Tisu Magic, Ketahui Manfaat dan Efek Sampingnya

Pernahkah Anda mendengar tisu magic, atau Anda pernah menggunakannya? Ya, tisu magic adalah tisu basah yang digunakan untuk mencegah...

Read More
Efek Samping Vaksin Sinovac

Efek Samping Vaksin Sinovac yang Perlu Diantisipasi

CoronaVac atau yang dikenal sebagai vaksin Sinovac merupakan vaksin yang dikembangkan oleh Sinovac Biotech Ltd. Vaksin ini menggunakan virus...

Read More
ciri ciri corona

Penting Diketahui, Ciri-Ciri Corona dan Penyebabnya

Virus Corona atau yang disebut Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Dengan...

Read More
Cara Menggunakan Aplikasi Pedulilindungi

Cara Menggunakan Aplikasi Pedulilindungi: Penting untuk Masuk Mal

Sudahkah Anda menggunakan aplikasi Pedulilindungi? Jika ya, berarti Anda telah berpartisipasi dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia. Aplikasi yang...

Read More
cara mengembalikan indra penciuman

5 Cara Mengembalikan Indra Penciuman, Ampuh Atasi Gejala Covid-19

Pernahkah Anda mendengar tentang anosmia? Anosmia atau yang dikenal dengan kehilangan indra penciuman adalah salah satu gejala Covid-19 yang...

Read More
Manfaat Masker Kopi

6 Manfaat Masker Kopi, Ampuh Bikin Awet Muda

Minum kopi sudah menjadi bagian dari kehidupan para pencinta kopi. Selain bisa membuat terjaga, kopi juga memiliki banyak manfaat...

Read More
makanan penambah darah

Cegah Anemia dengan 6 Makanan Penambah Darah Ini

Zat besi dibutuhkan oleh tubuh agar organ tubuh dapat berfungsi dengan baik. Tubuh yang kekurangan zat besi mengakibatkan anemia...

Read More
Cara Mengobati Asam Lambung

4 Cara Mengobati Asam Lambung dengan Bahan Alami

Anda pernah mengalami gejala-gejala seperti mual dan nyeri ulu hati? Anda perlu berhati-hati, karena kemungkinan Anda terkena asam lambung...

Read More
has been added to your cart:
Checkout