Blog

5 Vitamin yang Bagus untuk Kulit

Vitamin yang Bagus untuk Kulit – Seluruh tubuh membutuhkan nutrisi agar kesehatannya terpelihara. Begitu pula dengan bagian tubuh paling luar yaitu kulit. Apalagi, kulit paling sering berinteraksi dengan lingkungan.

Salah satu jenis nutrisi yang dibutuhkan adalah vitamin. Vitamin ini bisa diperoleh dari konsumsi makanan, suplemen, hingga penggunaan produk perawatan kulit. Berikut ini beberapa vitamin yang bagus untuk kulit.

Vitamin yang Bagus untuk Kulit

Kulit merupakan bagian tubuh yang memerlukan nutrisi. Setidaknya, ada 5 vitamin yang bagus untuk kulit. Pelajari di sini, ya!

1. Vitamin A

Vitamin yang bagus untuk kulit yang pertama adalah vitamin A. Memang, vitamin ini lebih dikenal manfaatnya untuk menjaga kesehatan mata. Tapi sebetulnya, vitamin A juga diperlukan untuk kesehatan kulit.

Salah satu manfaat yang kamu rasakan dari vitamin A adalah kulit yang awet muda. Ini didapatkan dari fungsinya dalam mengurangi tanda-tanda penuaan dini, misalnya garis halus atau kerutan di wajah.

Tak hanya itu, vitamin A juga berkontribusi dalam perbaikan kesehatan kulit. Ketika terdapat jaringan kulit yang rusak, vitamin A akan mendorong pemulihannya.

Untuk memperoleh vitamin A secara alami, kamu bisa mengonsumsi makanan bergizi. Mulai dari wortel, sayur-sayuran hijau, sampai ubi jalar. Kalau pada produk perawatan kulit, kandungan vitamin A sering disebut retin-A, retinoid, atau renova.

2. Vitamin B

Vitamin B juga termasuk vitamin yang bagus untuk kulit. Ada beberapa turunan dari vitamin B. Kandungan vitamin B3 dan B5 yang biasanya tersedia pada produk perawatan kulit.

Secara umum, vitamin B bermanfaat dalam menjaga kualitas sel pada kulit. Keberadaannya dibutuhkan terutama dalam proses produksi sel-sel kulit sehat yang baru.

Secara khusus, vitamin B3 biasanya digunakan untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini serta bintik hitam di wajah. Kalau vitamin B5, manfaatnya juga baik dalam mengatasi tanda penuaan pada kulit, tetapi juga mengendalikan jerawat.

Nah, untuk memperoleh manfaatnya, ada beberapa makanan yang mengandung vitamin B tinggi. Kamu bisa mengonsumsi pisang, telur, hingga beras yang mudah ditemukan di Indonesia.

3. Vitamin C

Vitamin C terkenal dengan nutrisinya yang memiliki banyak manfaat. Terutama untuk menjaga kekebalan tubuh seseorang. Nah, vitamin C juga merupakan vitamin yang bagus untuk kulit.

Vitamin C memiliki antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan ini berguna ketika kulit harus memproduksi kolagen. Kolagen selanjutnya bekerja memelihara kesehatan kulit dengan mengurangi tanda-tanda penuaan yang mungkin muncul.

Vitamin ini mudah ditemukan pada produk perawatan kulit khusus anti-aging, hingga tabir surya. Pasalnya, kandungan vitamin C juga akan membuat tabir surya bekerja secara efektif melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kanker.

Ada beberapa rekomendasi makanan sehat yang akan memberikan manfaat dari vitamin C. Di antaranya buah stroberi, lemon, jeruk, serta sayuran hijau seperti bayam dan brokoli.

4. Vitamin D

Selanjutnya ada vitamin D, vitamin yang bagus untuk kulit. Terutama kalsitriol, salah satu jenis dari vitamin D.

Vitamin D ini akan mengatasi iritasi dan peradangan pada kulit. Manfaat dari nutrisi ini memang mengatasi gangguan yang dapat dialami kulit. Termasuk gejala psoriasis, gangguan yang paling umum muncul di kulit berupa ruam.

Tapi, ada catatan khusus untuk vitamin D. Jika kamu memiliki riwayat kanker kulit, sebaiknya konsultasikan kebutuhan kulit secara langsung pada dokter. Termasuk untuk menjemurkan diri di bawah sinar matahari, cara alami memperoleh vitamin D.

Cara lain untuk mendapatkan vitamin D, sama seperti vitamin lainnya yaitu dengan mengonsumsi makanan tertentu. Untuk vitamin D, konsumsi saja jus jeruk, sereal, yoghurt, ikan tuna, ikan salmon, hingga ikan kod.

5. Vitamin E

Nah, dari semua vitamin, vitamin E lah yang memiliki fungsi utama untuk menjaga kesehatan kulit. Maka tak heran, jika banyak produk perawatan kulit yang mengandung vitamin Ini.

Pertama, vitamin E berfungsi sebagai antioksidan. Artinya, vitamin ini akan melindungi kulit dari gangguan dan resiko kerusakan, misalnya yang dipicu oleh paparan sinar ultraviolet.

Saat bekerja, vitamin E akan menyerap sinar ultraviolet tersebut agar manfaatnya lebih baik pada kulit. Misalnya menghindari munculnya kerutan dan bercak hitam pada wajah.

Selanjutnya, vitamin E juga akan menjaga kelembaban kulit. Kulit yang kering menandakan kondisi yang kurang sehat, bahkan memudahkan terjadinya peradangan.

Selain dari penggunaan produk perawatan kulit, vitamin E juga bisa didapatkan dari beberapa makanan. Khususnya makanan berupa biji-bijian dan kacang-kacangan, di antaranya hazelnut, kacang almond, serta biji bunga matahari.

Perhatikan asupan lima vitamin di atas untuk memelihara kesehatan kulit. Vitamin ini juga bisa didapatkan secara praktis dengan konsumsi suplemen tambahan. Beberapa produk vitamin dari Pyfa Health akan membantu tubuh memenuhi kebutuhannya.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout