Blog

perempuan dan laki laki celana longgar tips menurunkan berat badan paling ampuh sehat dan alami

Tips Menurunkan Berat Badan Paling Ampuh, Lebih Sehat dan Alami

Ada berbagai macam tips menurunkan berat badan. Tapi, dibutuhkan juga perencanaan yang baik, program yang tepat, dan disiplin ketika menjalankannya. Dengan demikian, tak hanya berat badan saja yang bisa mencapai ideal, namun juga tubuh kamu akan lebih sehat.

Sebenarnya, naik ataupun turunnya berat badan bergantung pada jumlah kalori yang masuk dan dibakar oleh tubuh ketika melakukan aktivitas. Asupan kalori yang tidak disertai dengan aktivitas fisik ataupun olahraga, pastinya akan membuat berat badan naik. Hal itu terjadi karena kalori yang tidak terpakai akan disimpan di dalam tubuh sebagai lemak.

Oleh sebab itu, untuk menurunkan berat badan, kamu harus mengonsumsi lebih sedikit kalori dan melakukan aktivitas fisik secara rutin supaya tubuh bisa memecah lemak menjadi energi.

Tips Menurunkan Berat Badan dengan Tepat

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan, pastinya dengan cara yang tepat dan alami.

1. Menerapkan Pola Makan Sehat dan Teratur

Tips menurunkan berat badan yang pertama adalah dengan menerapkan pola makan sehat dan teratur. Dimana cara ini dilakukan dengan membiasakan makan teratur yakni 3 kali sehari pagi, siang, dan malam. Disela-sela itu, kamu dapat mengonsumsi camilan sehat dan tidak makan terlalu berlebihan ketika jam makan.

2. Banyak Konsumsi Buah dan Sayuran

Buah dan juga sayuran adalah jenis makanan yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Selain itu, kandungan kalori yang ada di dalam buah dan sayuran cenderung lebih sedikit. Dengan menambahkan keduanya ke dalam menu makanan harian, maka akan membantu mempercepat penurunan berat badan.

3. Konsumsi Makanan Tinggi Karbohidrat Kompleks

Tips menurunkan berat badan berikutnya yaitu dengan mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat kompleks. Akan tetapi, kamu juga harus membatasi karbohidrat sederhana dari makanan yang mengandung banyak gula atau tepung.

Ganti dengan mengonsumsi sumber karbohidrat kompleks yang kaya serat dan dapat membuat kenyang lebih lama, misalnya saja seperti nasi merah, pisang, roti gandum, dan lainnya.

4. Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Makanan yang mengandung banyak protein baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Ini karena protein dapat memberikan efek kenyang lebih lama, jadi kamu tidak akan makan secara berlebihan. Contoh makanan yang kaya protein antara lain telur, kacang, ikan, daging, dan juga produk olahan susu rendah lemak.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Dengan rutin minum air putih sebelum makan dapat menahan nafsu makan berlebih dan membuat perut lebih cepat kenyang. Jadi, nantinya asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh bisa berkurang. Tak hanya itu saja, kamu juga dianjurkan untuk minum segelas air putih dulu ketika merasa lapar. Sebab, tanda dehidrasi kadang kala menyerupai rasa lapar.

Demikian penjelasan mengenai tips menurunkan berat badan dengan cara yang sehat dan alami. Selamat mencoba!

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout