Blog

perempuan bercermin leher merah gatal cara mengatasi gatal pada kulit yang tidak sembuh-sembuh

Membuat Tak Nyaman, Berikut Ini Sejumlah Cara Menghilangkan Gatal pada Kulit yang Tak Kunjung Sembuh

Gatal pada kulit yang tidak kunjung membaik dapat menyebabkan rasa tidak nyaman saat beraktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, beberapa cara menghilangkan gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh perlu Anda ketahui, apalagi jika kondisi seperti itu menimpa Anda. 

Kulit yang gatal adalah iritasi umum di kulit yang bisa terjadi di bagian manapun di tubuh. Keadaan ini mampu untuk membuat para pengidapnya merasa tak nyaman dan frustrasi karena ini terus menggaruk bagian yang gatal.

Biasanya gatal bukan masalah serius. Akan tetapi terkadang, gatal dapat disebabkan kondisi medis cukup serius. 

Beberapa Cara Mengatasi Gatal pada Kulit yang Tidak Sembuh-Sembuh

Berikut ini beberapa cara meredakan gatal pada kulit yang tidak membaik:

1. Kompres dengan Dingin

Anda bisa mengompres kulit yang gatal dengan air dingin. Caranya mudah, yakni dengan merendam kain atau waslap di air dingin, kemudian peras airnya. Lalu, letakkan kain basah tersebut pada area kulit yang gatal karena ruam, luka bakar, atau gigitan serangga. Lakukan cara ini selama 5 – 10 menit. 

2. Mandi dengan Air Dingin

Jika gatal terasa pada area kulit luas dan Anda tidak dapat hanya mengompresnya, Anda dapat mencoba mandi menggunakan air dingin beberapa menit. Namun, usahakan air yang Anda gunakan mandi tak terlalu dingin.

Perlu untuk diperhatikan, mandi dengan air dingin mungkin saja tak cocok untuk beberapa orang sebab bisa kejutkan sistem tubuh. Maka dari itu, Anda perlu konsultasi dengan dokter sebelum melakukan cara ini. 

3. Memakai Pelembab

Setelah kompres air dingin, Anda bisa menggunakan pelembab kulit pada area yang gatal. Pelembab akan membantu dalam menghidrasi kulit sehingga tak terlalu kering dan gatal.

Ada pula sejumlah kandungan pada pelembab yang dapat mengatasi gatal di kulit yang tidak sembuh-sembuh, seperti mineral oil, minyak kelapa, gliserin, dan lain sebagainya. Anda pun dapat memakai produk dengan bahan dasar petroleum jelly untuk redakan kulit yang gatal. Namun, sebaiknya Anda konsultasi dulu dengan dokter mengenai kandungan apa yang cocok dengan kulit Anda.

4. Memakai Krim atau Salep untuk Gatal

Menggunakan krim anti gagal mengandung hidrokortison dapat menjadi salah satu cara menghilangkan gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh. Itu karena kandungan ini bisa menghambat peradangan di tubuh sehingga membantu dalam menenangkan kulit gatal.

Krim hidrokortison bisa dipakai dalam waktu singkat saja, yakni 1-2 minggu. Penggunaan dalam waktu lebih lama menimbulkan efek samping penipisan kulit sampai kecanduan. Selain itu, krim yang memiliki kandungan ini tak boleh dioleskan pada wajah kecuali sesuai arah dokter. 

5. Tak Menggaruk Area Kulit yang Gatal

Anda pun harus dapat menahan diri untuk tak menggaruk bagian kulit gatal. Sebab menggaruk dapat merobek kulit serta sebabkan infeksi sehingga akan membuat kulit gatal tak membaik.

Merawat kuku, mengenakan pakaian yang nyaman dan tak mengiritasi kulit pun dapat menjadi cara redakan gatal di kulit. 

Itulah beberapa cara menghilangkan gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh. Semoga dapat membantu dalam mengatasi gatal-gatal yang dialami

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout