Blog

perempuan memegang hidung caramenghilangkan komedo membandel di hidung

Cara Menghilangkan Komedo Membandel di Hidung

Komedo adalah sebuah benjolan kecil yang muncul di bagian pori-pori kulit dan paling sering muncul pada hidung maupun area sekitarnya. Komedo ini juga dapat mengganggu penampilan dan menyebabkan jerawat yang berukuran lebih besar. Inilah sebabnya banyak orang akan mencari cara menghilangkan komedo dengan efektif. 

Cara Menghilangkan Komedo

Anda dapat menyimak ulasan yang akan kita berikan di bawah ini, walaupun nantinya komedo yang ada di hidung ini bisa hilang sendiri. Berikut ini cara agar hidung Anda bersih dari komedo. 

1. Eksfoliasi 

Eksfoliasi pada wajah ini akan menjadi cara menghilangkan ketombe pada hidung dan juga dagu yang dinilai paling efektif. Eksfoliasi itu sendiri merupakan perawatan pengangkatan sel kulit mati dimana terdapat dua jenis yaitu, chemical dan physical. Physical eksfoliasi ini dilakukan memakai scrub tetapi tidak semua kulit akan cocok dengan produk tersebut terutama jenis kulit sensitif. 

Oleh sebab itu, Anda lebih baik untuk memakai scrub maksimal 1-3 kali dalam satu minggu. Jangan lupa juga menggunakan pelembab sesudahnya agar menghindari kulit terkena iritasi. Sementara untuk chemical eksfoliasi ini akan memakai berbagai bahan kimia seperti BHA, PHA dan AHA agar dapat membantu mengangkat sel kulit mati serta mencegah minyak berlebih yang menyumbat pori-pori. 

Eksfoliasi bahan kimia ini dilakukan setidaknya satu kali dalam seminggu tetapi lebih baik berkonsultasi ke dokter lebih dahulu. Jika Anda lakukan terlalu sering maupun dalam konsentrasi yang tinggi hal ini akan sangat berisiko mengakibatkan iritasi. 

Tidak hanya itu saja menghilangkan komedo dengan eksfoliasi ini bermanfaat membantu mencerahkan kulit Anda. Namun, pastikan bila Anda memakai produk yang sesuai jenis kulit Anda agar dapat mencegah terjadinya breakout maupun permasalahan kulit yang lain. 

2. Terapi Laser 

Terapi laser juga menjadi cara menghilangkan komedo hitam yang ada di hidung menggunakan sinar cahaya yang intens agar dapat membunuh bakteri serta mengurangi produksi minyak dalam kulit wajah. Sinar cahaya yang ada pada terapi laser bisa menembus bagian bawah permukaan kulit tanpa adanya efek samping. 

Dokter pada umumnya akan menggunakan alat khusus agar dapat membersihkan komedo serta pori-pori supaya hasilnya jauh lebih maksimal. 

3. Cuci Muka dengan Rutin

Cara menghilangkan komedo putih yang ada di hidung adalah bisa dengan membersihkan muka dengan teratur. Anda dapat mencuci muka di pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari setelah beraktivitas seharian penuh agar bersih dari berbagai bakteri serta kotoran yang menempel di wajah. 

Rajin cuci muka juga akan sangat bermanfaat dalam mengatasi kulit yang kusam. Namun, pastikan bila Anda sudah memilih sabun cuci muka yang paling tepat dan sesuai dengan jenis kulit supaya bisa mencegah iritasi maupun munculnya jerawat. 

Cara menghilangkan ketombe ini hindari cuci muka terlalu sering karena hal ini akan memberikan efek yang tidak baik. Lapisan kulit Anda akan semakin menipis dan mengakibatkan peningkatan produksi minyak alami yang bisa menumpuk di pori-pori kulit sehingga komedo akan semakin banyak. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout