Blog

perempuan menghitung rumus berat badan ideal tinggi 170 cm

Berapa Berat Badan Ideal Tinggi 170? Ini Rumusnya. 

Berat badan ideal setiap orang tentu berbeda-beda, hal tersebut tergantung pada jenis kelamin serta tinggi badannya. Untuk menghitung berat badan ideal, Anda bisa menggunakan rumus yang ditemukan oleh ahli anatomi asal Prancis bernama Paul Broca. Sebagai contoh, berikut ulasan mengenai cara menghitung berat badan ideal tinggi 170 bagi pria dan wanita.

Bagaimana Cara Menghitung Berat Badan Ideal Menggunakan Rumus Broca?

Rumus Broca memiliki cara perhitungan yang berbeda antara pria dan wanita, yaitu: 

1. Rumus Broca Untuk Pria Dengan Tinggi 170 cm

Berat badan ideal pria = (tinggi badan – 100) – [(tinggi badan – 100) x 10%]

Cara menghitungnya:

Berat badan ideal pria dengan tinggi 170 cm = (170 – 100) – [(170 – 100) x 10%]

Berat badan ideal pria dengan tinggi 170 cm = 70 – 7 

Berat badan ideal pria dengan tinggi 170 cm = 63 kg

2. Rumus Broca Untuk Wanita Dengan Tinggi 170 cm

Berat badan ideal wanita = (tinggi badan – 100) – [(tiggi badan – 100) x 15%]

Cara menghitungnya:

Berat badan ideal wanita dengan tinggi 170 cm = (170 – 100) – [(170 – 100) x 15%]

Berat badan ideal wanita dengan tinggi 170 cm = 70 – 10,5

Berat badan ideal wanita dengan tinggi 170 cm = 59,5 kg

Tips Menjaga Berat Badan Tetap Ideal 

Cara menghitung berat badan ideal tinggi 170 untuk pria dan wanita menggunakan rumus Broca cukup mudah dilakukan. Untuk menjaga berat badan Anda tetap ideal, ikuti beberapa tips di bawah ini. 

1. Aktif Bergerak

Aktif bergerak setiap hari bisa membantu menjaga massa otot yang bertugas dalam proses pembakaran kalori. Selain melakukan berbagai kegiatan rutin, sempatkanlah untuk berolahraga selama 75 hingga 150 menit per minggu.

2. Jangan Melewatkan Sarapan

Jika Anda sering melewatkan sarapan, sebaiknya segera meninggalkan kebiasaan tersebut. Sebab, sering melewatkan sarapan akan berdampak pada metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang terganggu akhirnya akan berpotensi meningkatkan berat badan. 

3. Makan Dengan Menu Yang Bervariasi

Agar berat badan Anda tetap ideal, makanlah menu yang bervariasi. Dengan menu makanan yang berbeda, Anda bisa mendapatkan beragam nutrisi, energi serta gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan fungsi organ yang ada di dalamnya, 

4. Atasi Stress Dengan Baik

Saat sedang stress, tubuh akan mengeluarkan hormon yang berkaitan dengan peningkatan nafsu makan. Apabila Anda tidak bisa mengatasi stress dengan baik, nafsu makan akan terus meningkat dan menyebabkan bertambahnya berat badan. Jadi, pastikan untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan ketika Anda sedang mengalami stress. 

Demikianlah ulasan mengenai cara menghitung berat badan ideal tinggi 170 untuk pria dan wanita. Jangan lupa untuk mengikuti sejumlah tips di atas agar Anda memiliki berat badan yang ideal dan sehat. Dengan begitu, Anda bisa tampil lebih percaya diri kapanpun dan dimanapun. Semoga bermanfaat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout