Blog

perempuan menyisir rambut ketombe cara menghilangkan ketombe dengan cepat menggunakan bahan bahan alami

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Cepat Menggunakan Bahan-bahan Alami

Ketombe merupakan sebuah kondisi yang muncul di kulit kepala berupa serpihan berwarna putih maupun kuning disertai gatal. Pada umumnya, masih tidak diketahui dengan pasti penyebab bisa munculnya ketombe tersebut. Namun, banyak dugaan bila ketombe ini disebabkan oleh pemakaian produk untuk perawatan rambut yang kurang tepat. 

Selain itu, juga bisa jadi karena adanya infeksi jamur tinea capitis yang berasal dari tidak rutin melakukan keramas, reaksi alergi atau adanya penyakit kulit tertentu seperti dermatitis seboroik, dermatitis atopik, psoriasis dan lain sebagainya.

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Cepat

Supaya tidak semakin memburuk penting untuk Anda tahu cara menghilangkan ketombe membandel secepat mungkin yang dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami, seperti:

1. Bawang Putih

Cara menghilangkan ketombe yang pertama adalah bisa dengan memanfaatkan bawang putih yang menjadi salah satu cara ampuh dan mudah untuk dilakukan. Pada bawang putih terdapat kandungan yang bersifat anti jamur sehingga akan sangat efektif untuk membasmi ketombe yang sangat membandel. 

Agar bisa menghilangkan ketombe bawang putih ini dapat Anda jadikan sebagai masker rambut dengan cara ditumbuk sampai halus dan dicampur menggunakan air serta madu. Bukan hanya itu saja, aplikasikan ke seluruh bagian permukaan kulit kepala dan diamkan hingga beberapa saat. Terakhir baru keramaskan seperti biasa agar dapat menghilangkan sisa masker dari bawang putih. 

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun ini juga menjadi salah satu cara paling alami untuk menghilangkan ketombe karena bisa membantu melembabkan dan juga mengurangi pengelupasan di kulit kepala. Supaya bisa menggunakannya Anda dapat mengoleskan minyak zaitun di kulit kepala dengan merata baru dipakaikan penutup kepala dan diamkan satu malam. 

Pada pagi harinya Anda dapat keramas memakai shampoo agar dapat membersihkan sisa-sisa minyak zaitun yang menempel di rambut dan juga kulit kepala. 

3. Cuka Apel

Cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal adalah dengan menggunakan zat asam misalnya cuka apel. Zat asam yang terkandung dalam cuka apel diyakini bisa membantu untuk mengurangi serta menghambat pertumbuhan jamur penyebab dari ketombe. Namun, pemakaian cuka apel sebagai cara yang paling alami untuk menghilangkan ketombe masih harus diteliti kembali supaya dapat dipastikan keefektifannya. 

Walaupun seperti itu, tidak akan ada salahnya bila Anda mencoba bahan alami yang satu ini. Caranya campurkan sekitar setengah gelas cuka apel dengan satu gelas air. Terlebih dahulu Anda bisa keramas dan bilas seperti biasanya baru di akhir gunakan cuka apel sebagai bilasan. 

Jangan menggunakan cuka apel tanpa dilarutkan lebih dahulu maupun mengoleskannya secara langsung pada kulit kepala. Hal tersebut dapat membuat iritasi di kulit kepala yang ditandai rasa perih dan terbakar. 

4. Minyak Kelapa

Cara menghilangkan ketombe yang berikutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa ini asalnya dari ekstrak daging kelapa yang segar maupun daging kelapa yang sudah dikeringkan terlebih dahulu. Minyak tersebut bisa membantu untuk melembabkan bagian kulit kepala dan juga rambut serta menyuburkan, menghaluskan rambut tersebut. 

Cara untuk memakai minyak kelapa agar bisa membantu mengatasi ketombe ini akan sangat mudah sekali. Anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa ke bagian kulit kepala, lalu pijat dengan perlahan dan diamkan untuk semalaman di pagi harinya baru keramas seperti biasanya. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout