Blog

bagaimana cara agar cepat hamil untuk pasangan yang mendambakan anak? Baca selengkapnya di artikel ini.

Tips Agar Cepat Hamil untuk Pasangan yang Mendambakan Anak

Bagi sebagian pasangan yang baru menikah, memiliki anak menjadi suatu hal yang paling dinantikan. Meski demikian, ada kondisi tertentu yang tidak memungkinkan pasangan untuk memiliki anak dengan cepat. Oleh karena itu, ada beragam tips agar cepat hamil yang bisa dicoba oleh pasangan yang baru menikah.

Ada banyak faktor yang menyebabkan pasangan sulit memiliki anak, misalnya usia, kondisi medis tertentu, atau ketidakteraturan siklus haid yang menyulitkan wanita untuk menentukan masa ovulasi. Lalu, bagaimana cara agar cepat hamil untuk pasangan yang mendambakan anak? Baca selengkapnya di artikel ini.

Cara Cepat dan Efektif Agar Bisa Hamil

Selain memperhatikan masa kesuburan, ada beragam cara cepat dan efektif meningkatkan peluang kehamilan setelah menikah, yaitu:

  1. Berhubungan seks secara rutin.

Untuk meningkatkan peluang kehamilan dan memiliki anak, Anda dan pasangan dianjurkan untuk berhubungan seks secara rutin tanpa alat kontrasepsi saat masa ovulasi. Namun, pada sebagian wanita, masa ovulasi tidak bisa dipastikan karena faktor tertentu, misalnya kelelahan akibat aktivitas fisik berat dan stres parah. Untuk mengantisipasi hal ini, Anda bisa memastikan masa ovulasi dengan alat tes masa subur.

2. Menerapkan pola hidup sehat.

Kunci agar cepat hamil berikutnya adalah menerapkan pola hidup sehat. Oleh karena itu, Anda dan pasangan dianjurkan untuk menjalani pola hidup sehat berikut:

  • Mengonsumsi makanan kaya nutrisi, misalnya sayuran, daging, ikan, dan kacang-kacangan.
  • Rutin berolahraga agar berat badan ideal terjaga. Namun, hindari olahraga berlebihan, karena berisiko memengaruhi kesuburan.
  • Tidur yang cukup setidaknya 7-9 jam setiap malam.
  • Mengurangi asupan kafein atau di bawah 200 miligram per hari.

3. Hindari kebiasaan tertentu.

Ada beragam kebiasaan yang berisiko menghambat program kehamilan, yaitu:

  • Mengonsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang.
  • Merokok dan terpapar asap rokok.
  • Mengonsumsi vitamin A berlebihan, misalnya hati sapi, ayam, atau suplemen vitamin A.
  • Mengonsumsi telur, ikan, dan daging yang tidak dimasak hingga matang, sehingga berisiko terinfeksi virus, bakteri, atau parasit penyebab penyakit.
  • Mengonsumsi susu yang tidak dipasteurisasi dan ikan dengan kandungan merkuri, misalnya tuna, ikan salmon, dan tongkol.

4. Konsumsi suplemen atau makanan dengan kandungan asam folat.

Tips agar cepat hamil lainnya adalah meningkatkan asupan asam folat. Asam folat adalah nutrisi yang penting untuk meningkatkan peluang kehamilan, meningkatkan perkembangan janin, dan mengurangi risiko janin terlahir cacat. Untuk wanita yang sedang merencanakan kehamilan, dianjurkan untuk mengonsumsi 400-600 mikrogram asam folat per hari. Selain suplemen, Anda bisa mengonsumsi sumber alami asam folat, misalnya kentang, brokoli, buncis, dan sereal.

5. Pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Agar program hamil efektif, pasangan yang ingin memiliki anak dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Cara ini bertujuan agar dokter bisa memastikan apakah Anda atau pasangan mengidap penyakit tertentu yang menghambat kesuburan dan berisiko untuk janin, misalnya sifilis, hepatitis B, toksoplasmosis, dan HIV. Dengan begitu, dokter bisa memberikan penanganan yang tepat.

Jika Anda dan pasangan sudah menerapkan tips agar cepat hamil di atas, namun belum ada tanda-tanda kehamilan, konsultasikan ke dokter untuk dipastikan penyebabnya. Dengan begitu, dokter bisa memberikan penanganan sesuai dengan kondisi Anda dan pasangan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout