Blog

apa itu posesif

Apa Itu Posesif? Yuk Kenali Ciri-Cirinya

Apa itu posesif? Posesif adalah salah satu sifat yang dimiliki oleh manusia kepada makhluk lainnya. Posesif sering disebut sebagai perasaan yang mengikat berlebihan. Terkadang banyak orang menyebut jika posesif adalah sifat cemburu berlebihan terhadap sesuatu ataupun pasangannya. Posesif ini juga merupakan sikap mengatur, mengontrol, dan menguasai orang lain sesuai dengan keinginannya. 

Mengenal Apa Itu Posesif

Sudah dikulik secara singkat terkait apa itu posesif, saatnya mengenal lebih jauh dengan sifat ini. Apa itu posesif? Pertanyaan yang sering kali ditanyakan oleh banyak orang terkait sifat yang sangat populer ini. Posesif adalah sifat yang menggambarkan perilaku yang toksik atau tidak sehat dalam suatu hubungan entah itu percintaan ataupun persahabatan. Hal ini dikarenakan sifat ini membuat satu pihak merasa dominan dan mengontrol pihak lainnya dalam hubungan. 

Perilaku posesif ini sering kali disebut sebagai dalamnya rasa sayang seseorang karena takut akan kehilangan atau kurangnya percaya diri yang dihadapi. Padahal sikap posesif ini adalah bagian emosi yang membahayakan suatu hubungan. Sikap ini bisa menjadi permasalahan besar kemudian hari karena satu pihak sangat dominan dan mengatur. Terkadang pihak tertentu kurang suka dengan sikap ini dan menyebabkan pertengkaran. 

Ciri-Ciri Sikap Posesif

Apa itu posesif? Posesif adalah suatu sikap emosi seseorang kepada orang lain. Sikap ini bukanlah suatu tanda perhatian, kasih sayang, ataupun romantisme yang tepat bagi orang lain. Terkadang pasangan akan merasa jengkel dengan sifat ini. Hal ini dikarenakan kontrol dan kuasa berlebihan satu pihak ke pihak lainnya. Inilah beberapa ciri-ciri sikap posesif seseorang. 

1. Mengawasi Sepanjang Waktu 

Apakah pasangan Anda sering menelepon dan menanyakan Anda terus-terusan hingga mendetail? Ini adalah salah satu tanda bahwa pasangan memiliki sikap posesif. Tak hanya sering menghubungi lewat telepon saja, ini juga ditunjukkan dengan sikapnya yang berlebihan saat memata-matai Anda. 

2. Mengatur dan Mengontrol Kehidupan Sosial 

Ciri sikap posesif lainnya adalah mengontrol dan mengatur kehidupan sosial Anda dengan orang lain. Hal ini berlaku saat mengatur dengan siapa saja Anda boleh pergi dan bergaul. Ini bukanlah sikap melindungi. Sikap ini cenderung lebih sikap cemburu. Tentu saja, ini akan membuat Anda tidak bisa menjadi diri sendiri. 

3. Playing Victim 

Sikap lainnya adalah sering melakukan playing victim terhadap pasangan. Selain mengontrol, pasangan Anda akan sering mencari-cari kesalahan Anda dan menganggap hal yang dilakukan selalu salah. Hal ini akan membuat Anda terus-terusan minta maaf kepadanya. 

4. Emosi Tak Stabil 

Apa itu posesif? Hal ini berkaitan dengan emosi. Sikap posesif ini ditunjukkan dengan emosi yang tak stabil. Pasangan lebih sering marah dan mengancam baik verbal dan non verbal. Ini pastinya sangat mengganggu dalam suatu hubungan. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout