Blog

Apa penyebab vagina gatal dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut

Penyebab Vagina Gatal dan Cara Mengatasinya

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Vagina gatal merupakan kondisi yang umum dialami oleh perempuan dan biasanya tidak berbahaya. Meski demikian, jika tidak segera ditangani, kondisi ini menimbulkan rasa tidak nyaman.

Meski tidak berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya, namun vagina gatal juga bisa merupakan gejala dari penyakit yang serius. Apa penyebab vagina gatal dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut.

Lihat Juga: Sabun Pembersih Area Miss V Di Sini

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan munculnya keluhan gatal di vagina, yaitu:

1. Iritasi vagina

Iritasi vagina akibat dampak dari bahan-bahan kimia dapat menyebabkan vagina gatal. Bahan-bahan kimia tersebut umumnya terdapat pada produk-produk, seperti sabun, tisu basah, kondom, pembalut, atau pembersih vagina. 

2. Infeksi jamur

Infeksi jamur atau kandidiasis vagina merupakan penyebab vagina gatal lainnya. Kondisi ini biasanya sering dialami oleh ibu hamil, orang yang aktif berhubungan seksual, mengonsumsi antibiotik, atau perempuan dengan daya tahan tubuh yang lemah. Selain menyebabkan vagina gatal, kondisi ini juga bisa disertai keluhan lain, seperti vagina terasa perih dan keputihan.

3. Penyakit menular seksual (PMS)

Vagina gatal juga merupakan salah satu gejala dari penyakit menular seksual (PMS), seperti klamidia, herpes, gonore, dan trikomoniasis. Kondisi ini lebih berisiko terjadi pada orang yang sering berganti pasangan seksual dan tidak menggunakan kondom saat berhubungan intim. Selain vagina gatal, PMS juga menimbulkan gejala lain pada perempuan, misalnya nyeri atau perih di vagina, nyeri saat berhubungan intim, serta keputihan dengan bau tidak sedap.

4. Menopause

Menopause adalah kondisi ketika seorang perempuan tidak lagi mendapatkan haid selama 12 bulan berturut-turut. Menopause biasanya dialami oleh perempuan berusia 45-55 tahun. Ketika terjadi menopause, jumlah hormon estrogen di tubuh perempuan berkurang. Menopause menyebabkan timbulnya beberapa gejala, seperti vagina gatal, perubahan mood, nyeri saat berhubungan seksual, dan peningkatan berat badan.

Cara Mengatasi Vagina Gatal

Untuk mengurangi gatal pada vagina, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

  • Hindari penggunaan tisu, pembalut, pantyliner, dan pembersih organ kewanitaan yang mengandung pewangi.
  • Bersihkan vagina dengan benar, yaitu dari arah depan ke belakang atau dari vagina menuju anus. Penggunaan tisu toilet setelah buang air kecil juga perlu dilakukan dari arah yang sama.
  • Gunakan air bersih dan sabun biasa tanpa pewangi untuk membersihkan area kewanitaan, serta lakukan hanya sekali dalam sehari.
  • Gunakan celana dalam berbahan katun, karena memungkinkan sirkulasi udara yang baik dan dapat menyerap keringat. Bahan ini memerangkap panas dan kelembapan, yang membuat bakteri mudah berkembang biak.
  • Gunakan kondom saat berhubungan intim untuk mencegah penyakit menular seksual (PMS). 
  • Gantilah pakaian olahraga, terutama baju renang, setelah selesai berolahraga.
  • Gunakan celana atau rok yang nyaman dan tidak terlalu ketat.
  • Sebaiknya tidak menggaruk vagina meski terasa gatal. 

Jika Anda sudah melakukan beberapa cara di atas, namun vagina gatal tidak kunjung hilang dan disertai keluhan lain seperti yang dijelaskan di atas, segera konsultasikan dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout