Blog

trust issue pasangan selingkuh

4 (Empat) Hal Penyebab Timbulnya Trust Issue

Dalam hubungan antar   maka bisa timbul masalah trust issue yang bisa mengganggu. Trust issue adalah  menurunnya tingkat kepercayaan. Sehingga apapun yang dilakukan maupun dikatakan seseorang sulit dipercaya lagi. Trust issue bisa timbul di kalangan sepasang kekasih atau hubungan antara suami dan istri, atau antara orang tua dengan anak, atau antar teman juga dalam hubungan relasi bisnis. Berikut ini beberapa penyebab timbulnya trust issue dalam suatu hubungan tersebut.

1. Pengalaman Masa Lalu

Bisa saja timbul trust issue akibat trauma pernah dikhianati dan ditipu di masa lalu oleh orang dengan ciri-ciri yang sama atau bisa juga dengan gejala serta tanda-tanda perilaku yang sama sebelumnya. Sehingga perasaan negatif pun lalu muncul. Sebagai akibatnya dari sulit percaya dengan seseorang tersebut dan selalu timbul rasa curiga.

Apapun yang diucapkan dan dilakukan seseorang tersebut selalu dipandang buruk dan dianggap sebagai bentuk perlawanan. Akibatnya tercipta permusuhan dan kebencian. Bisa jadi hal ini akibat sebelumnya pernah terjadi kebohongan, yang lalu ketahuan.

Meski hanya terjadi sekali apalagi jika cukup sering terjadi. Bisa menimbulkan trauma dan pengalaman buruk yang membekas di memori dan sulit dihilangkan. Hal ini tak bisa dibiarkan berlarut-larut dan perlu segera diatasi. Perlu dijelaskan bahwa kondisi saat ini telah berubah dan berbeda dengan kondisi di masa lalu. Namun perlu disertai dengan bukti-bukti yang nyata.

2. Komunikasi yang Buruk

Trust issue juga bisa timbul akibat komunikasi yang tidak lancar atau terkendala. Sehingga informasi yang diterima hanya sepotong-potong dan tidak utuh. Hal ini lantas menimbulkan kecurigaan dan praduga negatif yang bisa mengurangi kepercayaan dan mengganggu hubungan.

3. Ketidakjelasan dan Ketidakpastian

Suatu ketidakjelasan dan ketidakpastian juga dengan mudah menimbulkan trust issue. Kurang keterbukaan pasangan bisa menimbulkan kurangnya kepercayaan dan timbulnya berbagai praduga dan prasangka. Dalam suatu hubungan yang sehat perlu adanya saling keterbukaan dan kejujuran satu sama lain.

4. Perhatian dan Rasa Memiliki yang Berlebihan

Rasa memiliki dan perhatian yang berlebihan juga akan menimbulkan trust issue. Selalu penuh kewaspadaan dan rasa curiga yang berlebihan. Menuntut pasangan untuk selalu melaporkan kondisi dan tempat keberadaannya tiap saat. Termasuk juga selalu curiga dengan orang yang berinteraksi dengan pasangan. Pasangan harus secara rutin melaporkan keadaan dan keberadaannya tiap saat, serta sedang bersama siapa. Timbul overthinking yang bisa membuat cemas tiap saat dan hal ini melelahkan, baik secara fisik maupun mental. Sehingga perlu diatasi dengan segera.

Masalah trust issue bisa diatasi dengan melakukan komunikasi secara lebih terbuka dan penuh kejujuran. Tanpa sekat dan tanpa rahasia. Dengan menunjukkan bukti-bukti nyata yang dilakukan dengan secara konsisten. Sehingga pelan-pelan dan sedikit demi sedikit kepercayaan pun bisa pulih kembali lagi.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout