Blog

Apa saja faktor penyebab Miss V longgar dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasannya

Penyebab Miss V Longgar dan Cara Mengatasinya

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Pernahkah Anda mendengar mitos yang mengatakan bahwa vagina atau Miss V bisa longgar, karena terlalu sering berhubungan seks? Ternyata, mitos tersebut tidak benar. Lalu, apa sebenarnya penyebab Miss V longgar?

Vagina merupakan organ tubuh yang bersifat elastis, sehingga bisa mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Apa saja faktor penyebab Miss V longgar dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasannya.

Lihat Juga: Sabun Pembersih Area Miss V Di Sini

Penyebab Miss V Longgar

Secara alami, ada dua faktor yang bisa memengaruhi elastisitas vagina, yaitu:

1. Pertambahan usia

Saat usia seseorang bertambah, berbagai bagian tubuh mengalami perubahan. Secara bertahap, otot dan kulit secara perlahan melemah, sehingga membuat vagina terasa lebih longgar. Anda mungkin mulai melihat adanya perubahan elastisitas vagina di usia 40-an.

Selain itu, selama menopause, kadar hormon estrogen pun menurun. Hal ini menyebabkan lapisan vagina menjadi lebih tipis, kering, dan kurang elastis, sehingga dapat menimbulkan ketidaknyamanan saat berhubungan intim, karena berkurangnya pelumas alami.

2. Melahirkan

Perubahan vagina setelah melahirkan adalah hal yang wajar. Selama persalinan normal, otot-otot vagina meregang agar bayi dapat melewati jalan lahir dan keluar. Beberapa wanita melaporkan adanya perubahan bentuk atau elastisitas vagina setelah melahirkan. Selain itu, kerusakan pada jaringan, otot, atau kulit saat melahirkan, juga menyebabkan perubahan pada vulva dan vagina, sehingga membuat vagina menjadi terasa lebih longgar.

Cara Mengatasi Miss V Longgar

Vagina dikelilingi oleh otot-otot dasar panggul. Ketika otot-otot tersebut mengendur, maka vagina terasa kurang kencang. Oleh karena itu, latihan panggul bisa menjadi cara yang tepat untuk memperkuat otot-otot dasar panggul tersebut. Berikut beberapa latihan panggul yang bisa Anda lakukan:

1. Senam kegel

Senam kegel bermanfaat untuk mengencangkan otot di area vagina, seolah Anda menahan laju urin saat buang air kecil. Otot yang menahan urine itulah yang disebut otot dasar panggul Anda. Berikut caranya:

  • Pilihlah posisi yang nyaman untuk melakukan senam kegel. Senam ini biasanya dilakukan sambil berbaring dengan kedua lutut menekuk.
  • Kencangkan otot-otot dasar panggul Anda selama kira-kira 5 detik.
  • Lemaskan otot-otot dasar panggul Anda selama kira-kira 5 detik. 
  • Ulangi langkah ini, setidaknya 5 kali berturut-turut.

Ketika melakukan senam kegel, usahakan untuk tidak mengencangkan perut, paha, atau bokong. Agar hasilnya optimal, lakukan tiga set senam kegel setiap hari.

2. Vaginal cone

Vaginal cone memiliki bentuk yang mirip tampon dengan berat yang bervariasi. Cara menggunakannya adalah dengan memasukannya ke dalam vagina dan meremasnya dengan menggunakan otot-otot vagina. Tahan selama 15 menit dan lakukan sebanyak dua kali sehari.

Apakah Vagina Bisa Longgar Jika Sering Berhubungan Intim?

Anggapan yang mengatakan bahwa vagina akan semakin longgar seiring dengan semakin seringnya seseorang melakukan hubungan intim, hanyalah sekadar mitos belaka. Vagina merupakan salah satu organ tubuh yang paling fleksibel dan paling kaya akan sistem saraf dan peredaran darah. Vagina hanya akan melebar sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan ketika seks itu sendiri sedang berlangsung.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout