Blog

manfaat biji kurma

Manfaat Biji Kurma untuk Kesehatan, Sumber Antioksidan Hingga Melawan Virus

Jika Anda gemar makan kurma, sebaiknya mulai dari sekarang jangan membuang bijinya. Hal ini dikarenakan biji kurma mengandung beragam nutrisi, seperti protein, karbohidrat, dan serat. Apa saja manfaat biiji kurma untuk kesehatan?

Untuk mendapatkan manfaat biji kurma dengan optimal, Anda bisa mengolah biji kurma dengan menjemurnya terlebih dahulu, lalu sangrai hingga berwarna hitam, tumbuk hingga halus, seduh, dan minum. Berikut beberapa manfaat biji kurma untuk kesehatan.

Manfaat Biji Kurma untuk Kesehatan

Khasiat biji kurma untuk kesehatan tidak perlu dipertanyakan lagi. Berikut beberapa manfaat biji kurma yang perlu Anda ketahui:

1. Mengatasi masalah gula darah

Dikutip dari Health Benefits Times, biji kurma dipercaya dapat mengobati diabetes, gula darah, serta komplikasinya. Selain itu, beberapa penelitian lainnya juga menemukan adanya efek perlindungan potensial terhadap komplikasi diabetes awal, baik di organ hati maupun ginjal.

2. Mencegah kerusakan DNA

Manfaat biji kurma untuk kesehatan lainnya adalah mencegah kerusakan DNA. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang menemukan bahwa biji kurma dapat memberikan efek pertahanan terhadap kerusakan hati, terutama yang disebabkan oleh kerusakan DNA oksidatif dan bahan-bahan kimia. Dengan demikian, biji kurma dapat memberikan perlindungan terhadap keracunan hati, serta efek perlindungan hepato. 

3. Menjaga kesehatan ginjal dan hati

Kandungan senyawa yang disebut proanthocyanidins dalam labu siam berfungsi untuk membantu melindungi ginjal dan hati dari kerusakan. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang menemukan bahwa ekstrak biji kurma yang kaya akan proanthocyanidins dapat menjaga kesehatan ginjal dan hati. 

4. Agen antivirus

Biji kurma dipercaya dapat berperan sebagai antivirus terhadap berbagai virus patogen pada manusia. Selain itu, penelitian juga telah membuktikan bahwa ekstrak biji kurma juga bermanfaat dalam pencegahan dan pengobatan berbagai jenis infeksi virus. Oleh karena itu, agar tubuh terhindar dari infeksi berbagai penyakit, konsumsi biji kurma secara rutin.

5. Sumber antioksidan

Kandungan antioksidan dalam biji kurma berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan melindungi tubuh dari kerusakan akibat stres oksidatif. Penelitian menemukan bahwa potensi antioksidan hidrolisat protein biji kurma bisa digunakan sebagai bahan pangan fungsional untuk meningkatkan kesehatan. Selain itu, biji kurma juga dipercaya sebagai sumber antioksidan alami yang baik untuk keperluan pengobatan dan komersial.

6. Menjaga kesehatan kulit

Minyak biji kurma telah terbukti dapat memberikan efek perlindungan terhadap kerusakan kulit akibat paparan radiasi UV-B. Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa minyak biji kurma bisa memperbaiki kulit. Hal ini dikarenakan adanya antioksidan alami seperti fenol dan tokoferol dałam minyak biji kurma yang berfungsi untuk mencegah kerusakan oksidatif keratinosit akibat paparan hidrogen peroksida (H2O2). Bahkan, biji kurma dianggap jauh lebih baik dalam melindungi kulit dari kerusakan stres oksidatif dibandingkan minyak zaitun.

7. Melawan radikal bebas

Biji kurma kaya akan bioaktif non nutrisi yang disebut fitokimia yang berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, kurma juga dilaporkan sebagai buah dengan antioksidan tertinggi kedua di Cina. Minyak biji kurma terdiri dari sejumlah komponen bioaktif, salah satunya karotenoid, yaitu antioksidan yang dikenal dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas dan menjaga kesehatan rambut.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout