Blog

cara mengembalikan nafsu birahi yang hilang pada wanita

5 Cara Mengatasi Gangguan Gairah Seksual pada Wanita

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Libido atau gairah seksual yang menurun sering dialami oleh wanita pada beberapa fase kehidupan. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kelelahan, menopause, stres, atau masalah dengan pasangan.

Menurunnya gairah seksual pada wanita merupakan salah satu gangguan yang disebut hypoactive sexual desire disorder (HSDD). Gangguan ini merupakan disfungsi seksual pada wanita yang ditandai dengan berkurangnya gairah untuk melakukan aktivitas seksual. Bagaimana mengatasinya? Berikut cara untuk membantu meningkatkan dan mengatasi gangguan gairah seksual pada wanita.

Lihat Juga: Produk Kesehatan Seksual untuk Menambah Gairah Di Sini

Cara Mengatasi Gangguan Gairah Seksual pada Wanita

Tingkat libido atau gairah seksual pada wanita bisa berbeda-beda dan berubah. Namun, jika libido sering kali menurun atau sudah mengganggu kepuasan seksual dan hubungan dengan pasangan, hal ini bisa menandakan terjadinya gangguan gairah seksual. Untuk mengatasinya, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Jadwalkan waktu bercinta

Meski Anda dan pasangan memiliki kesibukan, namun usahakan untuk bercinta secara rutin. Buat kesepakatan mengenai waktu bercinta dan jadwalkan di kalender agar Anda dan pasangan bisa menjadikannya prioritas. Jadikan bercinta dengan pasangan sebagai pengalaman yang menyenangkan dan bukan rutinitas yang membebani.

2. Berkomunikasi dengan pasangan

Jika Anda merasa gairah seksual menurun, bicarakan dengan pasangan secara jujur dan terbuka, sehingga bisa dicarikan solusinya bersama-sama. Diskusikan hal-hal yang disukai dan tidak disukai ketika berhubungan seksual, termasuk fantasi seks yang mungkin Anda miliki.  Hal ini bertujuan agar Anda merasa lebih nyaman saat berhubungan, serta menambah gairah seksual Anda.

3. Variasikan metode bercinta

Mencoba gaya dan posisi bercinta yang berbeda dari biasanya juga bisa membantu mengatasi gairah seksual yang menurun. Anda juga bisa meminta pasangan untuk melakukan foreplay lebih lama atau mencoba bermain dengan sex toy untuk membantu menambah libido. Selain itu, vagina kering bisa membuat seks terasa menyakitkan bagi wanita. Untuk mengatasinya, cobalah untuk menggunakan pelumas saat berhubungan intim.

4. Menerapkan pola hidup sehat

Menerapkan pola hidup sehat, seperti rutin berolahraga, tidak merokok dan minum alkohol, serta mengonsumsi buah dan sayur, juga bisa dilakukan untuk meningkatkan gairah seksual. Selain itu, menerapkan pola hidup sehat juga bisa menjaga kesehatan Anda.

5. Periksa ke dokter

Jika Anda sudah melakukan beberapa cara di atas, namun gairah seksual belum juga meningkat, mungkin ada faktor medis yang menyebabkannya. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mencari tahu penyebabnya. Untuk menentukan penyebab gangguan libido pada wanita, dokter akan melakukan pemeriksaan yang meliputi pemeriksaan fisik dan tes penunjang, seperti tes darah, jika diperlukan. 

Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, dokter akan meninjau obat-obatan yang Anda konsumsi. Beberapa jenis obat, seperti obat penurun tekanan darah, pil KB, dan antidepresan, bisa memengaruhi hormon dan menyebabkan turunnya gairah seksual.

Jika Anda merasa gairah seksual menurun, seperti tidak tertarik melakukan aktivitas seksual, tidak memiliki fantasi seksual, atau tidak memperoleh kesenangan dari aktivitas tersebut, cobalah untuk melakukan beberapa cara di atas dan berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout