Blog

manfaat daun suji

5 Manfaat Daun Suji, Jaga Imun Tubuh Hingga Cegah Kanker

Selain digunakan sebagai pewarna makanan dan memberikan aroma harum yang khas pada makanan, daun suji juga dipercaya dapat digunakan sebagai obat tradisional. Hal ini dikarenakan daun suji mengandung beragam nutrisi yang penting untuk kesehatan.

Daun suji merupakan salah satu tumbuhan yang dikenal sebagai sumber klorofil yang baik. Memiliki bentuk pita memanjang, daun berwarna hijau gelap, dan bunga berwarna putih kekuningan, daun suji juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan berikut:

Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan

Manfaat daun suji berasal dari beberapa senyawa bioaktif yang memiliki sifat antioksidan, seperti alkaloid, tannin, flavonoid, terpenoid, saponin, polifenol, dan glikosida. Selain sebagai antioksidan, senyawa-senyawa tersebut juga berfungsi sebagai antiradang, antibakteri, dan antijamur. Berikut beberapa manfaat daun suji untuk kesehatan:

Mengatasi masalah pernapasan

Pada beberapa wilayah di Indonesia, daun suji digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi batuk, sesak napas, dan keluhan pernapasan lainnya. Hal ini dikarenakan daun suji memiliki kemampuan ekstrak dalam membunuh berbagai jenis bakteri, terutama yang dapat menyebabkan penyakit pernapasan, seperti Strepcoccus pneumoniae (penyebab pneumonia) dan Mycobacterium tuberculosis (penyebab TBC). 

Mengurangi nyeri haid

Jika Anda sering mengalami nyeri perut atau dismenore sebelum atau selama menstruasi, maka daun suji bisa digunakan sebagai obat alami untuk meringankan rasa nyeri tersebut. Untuk mendapatkan manfaat daun suji, cukup ambil daun suji yang segar sekitar 20 gram, lalu bersihkan, kemudian rebus dengan dua gelas air hingga air berkurang setengahnya. Selanjutnya, saring air rebusan dan dinginkan. Setelah itu, minum air rebusan tersebut sebanyak 1 gelas sehari.

Meredakan gejala syok anafilaktik 

Manfaat daun suji berikutnya adalah meredakan gejala syok anafilaktik. Syok anafilaktik merupakan gejala reaksi alergi berat yang dapat mengancam jiwa dan disebabkan oleh respons sistem imun tubuh yang berlebihan terhadap suatu pemicu, seperti makanan dan obat-obatan. Beberapa gejalanya, yaitu pusing, sulit bernapas, wajah membengkak, dan kehilangan kesadaran. Beberapa penelitian menemukan bahwa kandungan flavonoid yang tinggi dalam daun suji dapat menurunkan gejala tersebut. Meski manfaat daun suji baru terbukti pada hewan, namun dapat disimpulkan bahwa ekstrak daun suji dapat memberikan efek yang baik untuk sistem imun.

Meningkatkan sistem imun tubuh

Kandungan senyawa flavonoid yang tinggi dalam daun suji dipercaya berperan besar dalam membantu kerja sel-sel imun untuk melawan infeksi dan menghasilkan antibodi yang kuat. Daun suji juga dapat meningkatkan imunitas yang baik, sehingga dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis, seperti kanker. Selain itu, kandungan senyawa triterpenat dalam daun suji telah terbukti dapat membunuh sel kanker.

Menurunkan kadar kolesterol

Rutin mengonsumsi daun suji dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang menemukan bahwa ekstrak daun suji dapat menurunkan kadar kolesterol darah hingga 50%. Selain itu, dengan manfaat tersebut, Anda juga akan terhindar dari beberapa penyakit kardiovaskular, seperti jantung, stroke, dan hipertensi.

Meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun efektivitas dan tingkat keamanan daun suji sebagai obat herbal masih perlu diteliti lebih lanjut. Untuk mendapatkan manfaat daun suji secara aman, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi daun suji sebagai obat herbal.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout