Ketahui Kalori Telur Rebus untuk Program Diet

kalori telur rebus

Ketahui Kalori Telur Rebus untuk Program Diet

Telur rebus merupakan salah satu pilihan makanan yang baik untuk Anda yang sedang diet. Hal ini dikarenakan kalori telur rebus sangat rendah, sehingga bisa membantu menurunkan berat badan. Ketahui kalori telur rebus untuk program diet Anda.

Telur rebus mengandung protein dan vitamin, seperti vitamin B12 dan vitamin K2, yang baik untuk kesehatan. Mengonsumsi telur rebus juga membuat perut kenyang lebih lama dan membantu membatasi jumlah kalori. Berapa kalori telur rebus? Berikut penjelasannya.

Telur rebus merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin B12, vitamin B6, vitamin D, kalsium, zat besi, fosfor, dan nutrisi penting lainnya. Dikutip dari Healthline, jumlah kalori dalam telur rebus tergantung pada ukurannya. Berikut rinciannya:

  • Telur ukuran kecil (38 gram) memiliki 54 kalori.
  • Telur ukuran sedang (44 gram) memiliki 63 kalori.
  • Telur ukuran besar (50 gram) memiliki 72 kalori.
  • Telur ukuran ekstra besar (56 gram) memiliki 80 kalori.
  • Telur ukuran jumbo (63 gram) memiliki 90 kalori.

Sedangkan, rincian nutrisi untuk 1 telur rebus ukuran besar, yaitu:

  • Kalori: 72.
  • Protein: 6 gram.
  • Lemak: 5 gram.
  • Karbohidrat: 0,24 gram.
  • Kolin: 31% dari Nilai Harian.
  • Selenium: 28% dari Nilai Harian.
  • Vitamin B12: 21% dari Nilai Harian.
  • Vitamin B2: 16% dari Nilai Harian.
  • Vitamin D: 6% dari Nilai Harian. 
  • Zat besi: 5% dari Nilai Harian.

Namun, jumlah kalori telur rebus di atas terkonsentrasi di bagian kuning telurnya. Misalnya, telur ukuran besar terdapat 55 kalori pada bagian kuning telur dari 72 kalori yang dikandungnya. Hal ini berarti jumlah kalori putih telur rebus pada telur ukuran besar hanya 17 kalori. Sedikitnya jumlah kalori putih telur ini, karena sifatnya yang hampir tidak mengandung lemak. Selain itu, putih telur terdiri dari 90 persen air dan 10 persen protein.

Dikutip dari studi jurnal The Golden Egg: Nutritional Value, Bioactivities, and Emerging Benefits for Human Health, meskipun memiliki kadar kolesterol tinggi, kuning telur rebus memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan berikut:

  1. Sistem kekebalan tubuh meningkat, karena senyawa tertentu pada membran kuning telur merangsang produksi makrofag, yaitu sel dalam sistem kekebalan yang melindungi tubuh dari penyakit dan infeksi.
  1. Menurunkan tekanan darah, karena kuning telur mengandung peptida yang bisa mengurangi tekanan darah secara signifikan.
  1. Menurunkan risiko gangguan pencernaan, karena protein kuning telur dapat mengurangi jumlah senyawa dalam tubuh yang menyebabkan peradangan.

Berikut beberapa manfaat putih telur rebus untuk kesehatan:

1. Menurunkan berat badan

Putih telur baik dikonsumsi saat diet, karena merupakan salah satu sumber protein yang rendah kalori dan lemak. Asupan protein yang cukup dapat mengontrol nafsu makan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. 

2. Membangun massa otot

Kandungan protein dalam putih telur juga bermanfat untuk membangun otot yang kuat, serta mempertahankan massa otot seiring bertambahnya usia. Dengan kandungan protein yang tinggi dan rendah lemak, putih telur cocok dimasukkan dalam menu makan sehat.

3. Mendukung kesehatan jantung

Putih telur yang tinggi protein dan rendah lemak cocok dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung, kolesterol tinggi, atau tekanan darah tinggi. 

4. Baik dikonsumsi saat diet

Telur adalah makanan tinggi protein dan rendah kalori, sehingga sebutir telur baik dikonsumsi sebagai camilan yang sehat dan mengenyangkan. Selain itu, putih telur bebas lemak jenuh dan bebas kolesterol. Oleh karena itu, jika Anda ingin menurunkan berat badan, dianjurkan untuk mengonsumsi telur, terutama bagian putih telur, secara rutin.

5. Menyediakan nutrisi untuk tubuh

Telur kaya beragam nutrisi yang penting untuk tubuh, misalnya vitamin B, DHA, dan beragam mineral, seperti zat besi, fosfor, selenium, dan zinc. Kandungan vitamin D dalam kuning telur juga dapat meningkatkan kekuatan tulang dan gigi, serta mempercepat penyerapan kalsium. Selain itu, kandungan kolin dalam kuning telur bermanfaat untuk kesehatan otak dan saraf.

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan kolesterol yang tinggi dalam kuning telur membuatnya kerap dihindari, terutama oleh penderita penyakit jantung. Namun, jika dikonsumsi dalam batas aman, telur justru baik untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan kandungan lutein dalam kuning telur bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung. 

Untuk orang yang memiliki kadar kolesterol normal, dianjurkan untuk mengonsumsi 1-4 butir telur per minggu, sedangkan penderita penyakit jantung dianjurkan untuk mengonsumsi 1-2 butir telur per minggu. Selain itu, putih telur bebas kolesterol, sehingga bisa dikonsumsi tanpa batasan tertentu.

Cara Menyimpan dan Mengolah Telur dengan Benar

Telur memang menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan, namun bukan berarti telur bisa diolah secara sembarangan. Cara pengolahan telur yang tidak tepat bisa meningkatkan risiko penyebaran bakteri di dalam isi telur mentah dan cangkang ke makanan lain atau peralatan dapur. 

Selain itu, mengonsumsi telur mentah atau setengah matang yang terkontaminasi bakteri Salmonella bisa menyebabkan keracunan makanan, terutama pada ibu hamil, bayi, lansia, dan orang dengan daya tahan tubuh lemah. Oleh karena itu, pastikan telur disimpan dan diolah dengan benar.

Jika Anda ingin mengonsumsi telur mentah atau setengah matang, pilih telur yang sudah dipasteurisasi agar bebas dari bakteri. Namun, jika Anda ingin mengonsumsi telur yang tidak melalui proses pasteurisasi, pastikan Anda melakukan prosedur penyimpanan yang tepat dan teknik pengolahan yang benar-benar matang, serta penggunaan peralatan dapur yang bersih.

Untuk memastikan keamanan telur sebelum dikonsumsi, ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi telur, yaitu:

  • Hindari mengonsumsi telur dengan cangkang yang rusak, karena berisiko terkontaminasi bakteri atau kuman.
  • Simpan telur di tempat yang kering dan sejuk, misalnya di kulkas dengan temperatur di bawah 4 derajat Celsius. Selain itu, jauhkan telur dari makanan lain.
  • Konsumsi telur segera setelah diolah. Jika ingin menyimpan telur di kulkas, pastikan tidak lebih dari 2-3 hari. 
  • Sebelum dan sesudah mengolah telur, pastikan Anda sudah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.
  • Pastikan kebersihan peralatan untuk mengolah telur.

Ada beragam jenis telur yang bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda, misalnya telur ayam biasa, telur ayam kampung, telur puyuh, telur omega 3, atau telur bebek. Namun, untuk mendapatkan manfaat telur secara optimal, pastikan Anda memilih telur dengan cangkang yang bagus, segar, dan tidak memiliki bau menyengat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout