Blog

pria sakit dada asam lambung

Cara Mengobati Asam Lambung dengan Cepat tanpa Konsumsi Obat

Asam lambung menjadi salah satu jenis penyakit yang akan mudah untuk kambuh kembali. Oleh sebab itu, Anda harus memiliki cara mengobati asam lambung dengan cepat agar terhindar dari risiko penyakit tersebut bertambah parah. 

Penyakit asam lambung juga dikenal dengan GERD atau gastroesophageal reflux disease dimana penderitanya akan merasa terbakar di dada karena asam lambung tersebut naik ke dalam kerongkongan. Umumnya gejala asam lambung akn muncul setidaknya dua kali dalam satu minggu. 

Ada beberapa cara mengobati asam lambung, salah satunya menggunakan antasida. Jika asam lambung lebih parah, maka obat dengan resep dokter dibutuhkan untuk mencegah kerusakan pada kerongkongan. Antasida memiliki potensi membuat kecanduan, maka ada sejumlah cara mengobati asam lambung dengan cepat dan alami dibawah ini. 

1. Kunyah Permen Karet

Hal yang satu ini memang bisa dikatakan sebagai sesuatu yang sangat sepele tetapi dinilai sebagai cara mengobati asam lambung dengan cepat. Mengunyah permen karet mampu meningkatkan produktivitas air liur pada sistem pencernaan. Hal ini nantinya akan membantu dalam memudahkan kinerja lambung pada saat memproses makanan yang akan masuk ke dalam tubuh. 

2. Menjauhi Makanan yang Bisa Memicu Terjadinya Refluks

Jika Anda tidak ingin asam lambung Anda kambuh dengan mudah, maka harus menghindari makanan tertentu yang dapat memicu terjadinya mulas, misalnya soda, coklat, kafein, jus jeruk, bawang, mint dan juga makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi. 

3. Makan Malam Lebih Awal 

Agar membantu dalam pengobatan dan juga mencegah terjadinya asam lambung kambuh di kemudian hari, maka usahakan untuk selalu makan malam lebih cepat dari yang biasanya dilakukan. Para ahli juga menyatakan untuk tidak langsung segera tidur sesudah makan, minimal untuk memberikan jeda kurang lebih 4 jam sesudah makan malam. 

Hal tersebut dilakukan karena memang kondisi badan yang terbaring di kasur membantu proses pencernaan di dalam perut menjadi jauh lebih sulit. Inilah nantinya yang akan menjadi penyebab asam lambung naik. 

4. Menjaga Berat Badan

Cara mengobati asam lambung dengan cepat adalah dengan menjaga berat badan Anda tetap seimbang. Memiliki berat badan yang berlebihan bisa mengakibatkan tekanan pada otot perut. Bukan hanya obesitas, berat badan berlebih ini juga akan menimbulkan risiko asam lambung naik sehingga terasa mulas. 

Oleh sebab itu, jauh lebih baik menjaga berat badan dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat serta rutin untuk berolahraga. 

5. Menghindari Stress

Cara mengobati asam lambung naik yang berikutnya adalah menghindari stres. Stres ini bisa mengakibatkan seseorang menjadi cemas berlebihan, sehingga memicu terjadinya kenaikan asam lambung. 

Bukan hanya itu, stres ini nantinya juga mengakibatkan penyakit yang cukup berbahaya lainnya, seperti tekanan darah tinggi serta serangan jantung. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout