Blog

multivitamin yang aman untuk lambung

Vitamin yang Baik untuk Lambung agar Tidak Kambuh

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Peningkatan asam lambung merupakan salah satu gejala penyakit saluran pencernaan yang bisa muncul sewaktu-waktu. Selain obat-obatan untuk mengatasinya, ada beberapa vitamin yang bisa dikonsumsi untuk mengurangi kekambuhan gejala.

Penggunaan obat-obatan untuk asam lambung memang diperlukan. Namun, mengubah gaya hidup adalah hal yang paling penting. Salah satunya adalah rutin mengonsumsi vitamin. Apa saja vitamin yang baik untuk lambung agar gejala tidak kambuh? Berikut beberapa jenis vitamin yang direkomendasikan.

Jenis Vitamin yang Baik untuk Lambung

Apa saja vitamin yang bisa dikonsumsi untuk penderita asam lambung? Berikut beberapa di antaranya:

1. Vitamin A

Dikutip dari studi terbitan Journal of Neurogastroenterology and Motility (2019), vitamin A dapat membantu mengurangi asam lambung yang naik bergerak ke arah kerongkongan hingga 22-32 persen. Peneliti menduga manfaat vitamin ini berasal dari sifat antioksidannya. Antioksidan berfungsi untuk mengurangi radikal bebas, yaitu zat tidak stabil yang bisa menyebabkan naiknya asam lambung yang mengiritasi lambung.

3. Vitamin C

Studi yang sama juga menemukan bahwa asupan vitamin C dapat membantu mengurangi radang kerongkongan akibat naiknya asam lambung hingga 22 persen. Namun, vitamin C murni atau asam askorbat bersifat asam, sehingga bisa memicu naiknya asam lambung dan justru memperparah gejala GERD. 

Oleh karena itu, riset yang diterbitkan oleh The Korean of Physiology & Pharmacology (2018) menyatakan bahwa vitamin C yang dapat dikonsumsi untuk penderita asam lambung adalah yang mengandung senyawa kalsium askorbat, karena kandungan kalsium akan mengikat senyawa klorida sehingga keasaman cairan lambung berkurang dan mencegah terjadinya iritasi yang menyebabkan gejala rasa terbakar di ulu hati.

4. Vitamin E

Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mengurangi keparahan gejala GERD. Jika Anda ingin mengonsumsi suplemen vitamin E, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, karena asupan vitamin E harian yang direkomendasikan Kementerian Kesehatan relatif kecil, yaitu 15 mcg, sementara dosis satu butir suplemen vitamin E yang dijual di pasaran cenderung tinggi. Konsumsi vitamin E yang berlebihan bisa menyebabkan perdarahan fatal. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin E, konsumsi beberapa jenis makanan, seperti paprika, bayam, alpukat, almond, dan mangga.

5. Vitamin B kompleks

Vitamin B2, vitamin B6, dan asam folat berpotensi untuk mengurangi kenaikan asam lambung. Vitamin B6 dan vitamin B12 bersifat analgesik atau mengurangi rasa nyeri pada perut dan dada akibat asam lambung naik. Selain itu, vitamin B6 dan vitamin B12 juga dapat mengurangi risiko esofagitis atau peradangan kerongkongan akibat asam lambung yang naik berkali-kali. Asupan vitamin B6 dan folat juga dapat menurunkan risiko kerusakan sel kerongkongan karena paparan asam lambung. Anda bisa memenuhi kebutuhan harian vitamin B dari berbagai jenis makanan, seperti ikan, ayam, telur, daging, biji-bijian, kentang, serta sayur dan buah selain golongan jeruk.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout