Blog

wanita sakit perut bagian bawah

Kenapa Perut Bagian Bawah Sakit? Simak Penyebabnya!

Inilah beberapa penyebab umum kenapa perut bagian bawah sakit. Apabila Anda mengalami sakit perut yang parah atau berkelanjutan, ada baiknya langsung konsultasikan dengan tenaga medis untuk diagnosa lebih akurat. Penyebab sakit perut bagian bawah berikut hanya dijelaskan secara umum sebagai bentuk antisipasi awal saja. 

1. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan seperti gas, kembung, sembelit, dan diare adalah penyebab umum dari rasa sakit perut bagian bawah. Hal yang paling penting adalah gejala tersebut dapat diakibatkan oleh berbagai faktor, termasuk pola makan, sensitivitas terhadap makanan tertentu, stres, atau gangguan medis lainnya.

Apabila Anda mengalami gejala yang berkelanjutan atau semakin parah, sebaiknya lakukan konsultasi langsung ke dokter agar segera mendapatkan penanganan tepat. Anda bisa mengubah gaya hidup dengan mengonsumsi air putih dan bergerak aktif. 

2. Sindrom Iritasi Usus Besar 

Sindrom ini merupakan gangguan kronis yang terjadi pada sistem pencernaan yang mempengaruhi usus besar atau kolon. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai gejala yang meliputi perubahan dalam kebiasaan buang air besar, nyeri perut, kembung, dan gas. Faktor sensitivitas usus yang terjadi secara berlebihan terhadap makanan, perubahan dalam mikrobiota usus, dan faktor genetik juga termasuk penyebab nyeri perut bagian bawah. 

3. Infeksi Saluran Kemih

Penyebab kenapa perut bagian bawah sakit salah satunya adalah infeksi saluran kemih. Hal itu merupakan gejala umum yang dapat terjadi pada penderita infeksi saluran kemih. Ketika bakteri masuk ke saluran kemih dan berkembang biak di dalamnya, maka akan terjadi peradangan yang akan menghasilkan gejala kurang nyaman seperti nyeri perut bagian bawah. Apabila infeksi tidak segera ditangani, penyebaran infeksi ke bagian atas saluran kemih termasuk ginjal akan semakin memburuk. 

4. Gangguan Ginekologi

Sakit perut bagian bawah tidak melulu karena kondisi kesehatan yang memburuk. Pada perempuan, masalah seperti menstruasi, endometriosis, atau infeksi pada organ reproduksi dapat menjadi penyebabnya. Oleh karena itu Anda direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut apabila mengalami nyeri bagian perut dalam rentan waktu yang lama. Penanganan yang cepat dapat membuat tindakan lebih tepat. 

5. Radang Usus

Penyakit radang usus seperti kolitis ulserativa dapat menjadi penyebab peradangan saluran pencernaan dan nyeri perut. Kolitis merupakan kondisi kronis yang mempengaruhi saluran pencernaan sehingga membutuhkan penanganan khusus. Tingkat keparahan nyerinya tergantung bagian saluran pencernaan yang diserang. Anda membutuhkan perawatan jangka panjang dengan obat-obatan dan perubahan pola makan. 

6. Gangguan Organ Dalam

Kenapa perut bagian bawah sakit? Hal itu juga dapat disebabkan oleh berbagai masalah yang terjadi pada organ dalam seperti usus, ovarium, kandung kemih, atau usus buntu. Apabila Anda mengalami nyeri perut dengan intensitas yang lama, maka segera hubungi dokter untuk penanganan langsung. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout