Blog

Kenali GERD: Penyebab Dan Cara Mengatasinya

GERD atau asam lambung kronis merupakan penyakit yang saat ini sering dialami tidak hanya oleh anak-anak namun juga orang dewasa. Seringkali pula penyakit ini dianggap enteng padahal bila dibiarkan saja dapat berdampak pada kematian. Lantas apa itu GERD, penyebab, dan bagaimana cara mengatasinya?

“Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau asam lambung kronis adalah penyakit yang ditimbulkan saat asam lambung yang meningkat naik ke atas dan mengakibatkan berbagai keluhan seperti tenggorokan panas, dada rasa terbakar, sesak nafas, dan terasa asam di mulut. GERD ini terjadi saat katup lambung yang seharusnya menutup ini tetap terbuka sehingga asam lambung naik ke kerongkongan” ujar dr. Ika Mariani Devi, Sp.PD dalam Instagram Live NGOPY (@pyfahealthofficial), Kamis (13/4/2023). 

Penyebab Timbulnya GERD

Dalam Instagram live, dr Ika menyatakan bahwa penyakit GERD ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain:

Obesitas 

Obesitas menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit GERD. Menurut WHO, obesitas adalah penumpukan lemak berlebih pada tubuh yang akhirnya dapat menyebabkan banyak risiko kesehatan. “Akibat penumpukan lemak berlebih pada tubuh ini dapat menyebabkan lambung terhimpit sehingga kapasitas lambung pun kian mengecil dan menyebabkan asam lambung terdorong dan naik ke kerongkongan.” ujar dr Ika

Hamil

Hamil dapat menjadi penyebab seseorang terkena GERD. Kehamilan akan menyebabkan posisi lambung terhimpit ke atas dan kapasitas lambung kian mengecil. Hal inilah yang menyebabkan asam lambung terdorong naik ke kerongkongan. Selain itu menurut dr Ika, kebanyakan ibu hamil salah mempersepsikan diri mereka dalam hal pola makan. Ibu hamil berpikir mereka harus makan untuk dua orang, padahal yang benar adalah makan dalam jumlah yang sedikit namun dengan intensitas tinggi.   

Pola Makan 

Pola makan juga dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya GERD. Dikutip dalam Instagram live NGOPY (@pyfahealthofficial), dr Ika mengatakan bahwa makan makanan yang terlalu berminyak dan berlemak tinggi dapat menjadi salah satu pemicu timbulnya GERD. Selain itu, mengonsumsi kopi dan coklat dalam jumlah banyak juga dapat menjadi pemicu GERD. 

Stres dan Kurang Istirahat

Menurut WHO, Stres adalah keadaan khawatir atau ketegangan mental yang disebabkan oleh situasi yang sulit. “Bila stres tidak diolah dengan baik dapat menimbulkan rasa cemas berlebih dan akan berpengaruh terhadap meningkatnya asam lambung sehingga asam lambung akan terdorong ke kerongkongan” ujar dr Ika. Oleh karena itu, ia menambahkan penting bagi kita untuk mengatur pola pikir dan waktu istirahat. 

Tips Menghindari Kambuhnya GERD

Tanpa kita sadari, GERD dapat disebabkan oleh berbagai faktor diatas. Untuk mengurangi kambuhnya penyakit GERD, dr. Ika memberikan beberapa tips sebagai berikut. 

  1. Pilihlah makanan yang rendah lemak dan tidak pedas untuk dikonsumsi. 
  2. Hindari mengonsumsi kopi secara berlebihan 
  3. Saat perut dalam keadaan kosong, hindarilah mengonsumsi buah yang asam atau memiliki asiditas tinggi 
  4. Jangan langsung tidur atau berbaring setelah makan. Lakukan aktivitas terlebih dahulu setelah makan agar menghindari makanan kembali ke kerongkongan
  5. Makanlah secara perlahan-lahan dan pilihlah makanan yang ringan serta mudah dicerna.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut dapat membantu kita meminimalisir kambuhnya penyakit GERD. dr Ika juga menyatakan bahwa GERD dapat disembuhkan dengan menjaga pola makan dan pola pikir pasien. Namun pada beberapa kasus, GERD yang disebabkan oleh masalah psikis bila tidak segera disembuhkan maka penyakit GERD juga tidak akan sembuh.

Temukan informasi lebih lanjut terkait GERD bareng dr Ika Mariani Devi di IG Live NGOPY, Klik di sini.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout