Blog

Berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengurangi gejala asam lambung.

Obat Lambung Alami: Jahe Hingga Kayu Manis

Lambung merupakan salah satu bagian penting dari sistem pencernaan. Jika fungsinya terganggu, bisa memicu berbagai gangguan lambung, salah satunya asam lambung. Obat lambung alami merupakan salah satu pilihan untuk mengatasinya.

Asam lambung bisa menimbulkan ketidaknyamanan bagi penderitanya. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah menggunakan berbagai obat lambung alami. Berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengurangi gejala asam lambung.

Untuk mengatasi gejala penyakit lambung, berikut beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan:

1. Jahe

Jahe bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mencegah peradangan di dalam organ tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengunyah satu helai potongan jahe atau campurkan jahe ke dalam air hangat, diamkan hingga sari-sari jahe keluar menjadi air jahe yang nikmat dan nyaman di lambung. 

Namun, hindari mengonsumsi jahe terlalu banyak atau lebih dari 5 gram sehari, karena justru bisa memperparah penyakit lambung.

2. Kunyit

Sebagai obat herbal, kunyit memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, termasuk mengobati penyakit lambung. Kandungan senyawa kurkumin dalam kunyit memiliki sifat antiradang yang bemanfaat untuk mencegah rusaknya sel-sel mukosa pada kerongkongan akibat asam lambung naik. Selain itu, kurkumin baik untuk sistem pencernaan.

Cara menggunakan kunyit sebagai obat lambung alami adalah mencampur bubuk kunyit ke dalam air hangat dan diminum secara langsung atau dicampurkan ke makanan. Meski demikian, efektivitas kunyit dalam mengobati penyakit lambung belum bisa dipastikan.

3. Jus lidah buaya

Jus lidah buaya dipercaya sebagai obat herbal yang dapat mengobati penyakit lambung. Hal ini dikarenakan lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi yang efektif mencegah peradangan dan membuat lambung terasa nyaman. 

Selain itu, sari lidah buaya dapat melancarkan sistem pencernaan dan membuang racun dari tubuh. Namun, penggunaan lidah buaya untuk mengobati lambung tidak dianjurkan untuk ibu hamil, karena bisa berisiko keguguran.

4. Pisang

Makanan dengan pH rendah memiliki sifat asam yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Oleh karena itu, penderita asam lambung dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan pH tinggi dan bersifat basa (alkali) yang berfungsi untuk mengimbangi asam lambung yang memiliki sifat asam yang kuat. Salah satunya adalah pisang.

Kandungan alkali dalam pisang bermanfaat untuk membantu menetralkan asam lambung. Meningkatnya kadar pH dalam saluran pencernaan dapat mengurangi gejala yang disebabkan naiknya asam lambung.

5. Wortel

Wortel juga mengandung alkali yang berfungsi untuk membantu menetralkan asam lambung. Meski tidak mengatasi naiknya asam lambung dengan cepat, namun jus wortel adalah pilihan yang tepat untuk dikonsumsi tanpa menyebabkan kambuhnya asam lambung dan bisa mengurangi gejala asam lambung secara bertahap.

6. Kayu manis

Kandungan berbagai nutrisi dalam kayu manis bisa digunakan sebagai obat lambung alami. Salah satunya, antasida alami dalam kayu manis berfungsi untuk mengatasi naiknya asam lambung dan membuat lambung terasa nyaman dengan melancarkan pencernaan.

Namun, sebelum menggunakan kayu manis, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Hal ini bertujuan untuk mencegah munculnya berbagai efek samping.

Jika Anda sudah menggunakan berbagai obat lambung alami di atas, namun gejalanya tidak sembuh, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout