Blog

perut perempuan terasa sakit mules duduk

Penyebab Kenapa Perut Terasa Sakit, Jangan Disepelekan

Kenapa perut terasa sakit? Ya pertanyaan tersebut mungkin sering ditanyakan oleh sebagian besar orang. Terlebih lagi kalau rasa sakit yang muncul tersebut berlangsung secara terus-menerus, tentu akan membuat gelisah dan pikiran kemana-mana nantinya. 

Adapun masalah satu ini sebenarnya diakibatkan oleh berbagai macam gangguan pada organ di dalam perut mulai dari hati, usus, ginjal, lambung, pankreas hingga empedu. Selain itu, gejala yang timbul juga beragam mulai dari rasa nyeri, mules, kram hingga adanya sensasi seperti tertusuk di bagian perut. 

Kenapa Perut Terasa Sakit? Cek Berikut Ini 

Sebenarnya sakit perut merupakan kondisi yang normal terjadi pada seseorang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan biasanya juga bisa disebabkan karena hal-hal biasa seperti makanan atau pun minuman. 

Tetapi apabila sakit perut yang dirasakan tersebut berlangsung dalam jangka waktu lama, maka sebaiknya harus segera memeriksakan ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut. Lantas apa sajakah penyebab dari sakit perut tersebut? Cek beberapa kondisi yang terdapat di bawah ini. 

1. Keracunan Makanan 

Salah satu penyebab yang paling sering dialami oleh penderita sakit perut adalah keracunan makanan alias gastroenteritis ini. Dimana diakibatkan oleh virus atau pun bakteri yang terdapat di dalam makanan. 

Sebenarnya tidak perlu penanganan khusus untuk masalah tersebut tetapi Anda mungkin akan disarankan agar mengonsumsi cairan cukup untuk mencegah dehidrasi. Tetapi kalau kondisi tersebut tidak sembuh dalam waktu 2 hari, maka segera datang ke dokter. 

2. Apendisitis 

Apendisitis atau perforasi usus biasanya mempunyai ciri-ciri nyeri perut yang berlangsung selama beberapa minggu atau lebih, sakit perut lebih dari empat jam. Selain itu, juga akan disertai dengan gejala lain seperti demam, benjolan pada selangkangan, feses mempunyai warna kehitaman. 

3. Usus Buntu 

Kalau Anda mengalami sakit perut secara berkelanjutan, maka sebaiknya harus segera waspada. Sebab bisa jadi di dalam organ perut mengalami masalah usus buntu. Rasa sakit tersebut biasanya akan berada di bagian perut kanan. Beberapa gejala seperti demam, muntah, perut membengkak hingga feses bercampur darah bisa saja terjadi. 

4. Radang Kantung Empedu 

Penyebab lainnya perut sakit adalah karena adanya masalah berupa radang kantung empedu satu ini dan biasanya juga akan berlangsung selama berjam-jam. Terlebih lagi akan berlangsung di bawah iga sebelah kanan. Jika masalahnya ini, maka silakan hubungi dokter agar kondisinya tidak parah. 

5. Adanya Infeksi Ginjal 

Pernah mengalami sakit di bagian bawah iga sebelah kanan? Selain itu sakit yang dirasakan tersebut dimulai dari pinggang bagian belakang hingga bawah tulang iga bahkan menjalar ke selangkangan? Kalau begitu besar kemungkinan disebabkan karena adanya masalah infeksi ginjal. 

Walaupun menjadi salah satu kondisi yang sering dialami oleh sebagian besar orang, tetapi sakit perut tidak boleh diremehkan begitu saja. Segera kenali faktor penyebab kenapa perut terasa sakit terutama kalau berlangsung lama.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout