Blog

bolehkah ibu menyusui minum kopi? Berikut informasi selengkapnya.

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi? Ini Penjelasannya

Boleh atau tidaknya ibu menyusui minum kopi menjadi pro dan kontra hingga saat ini. Hal ini dikarenakan efek minum kopi yang membahayakan bayi menimbulkan kekhawatiran pada ibu menyusui. Namun, bolehkah ibu menyusui minum kopi?

Hingga saat ini, efek negatif minum kopi saat menyusui belum terbukti secara ilmiah. Namun, penting untuk memperhatikan efek minum kopi pada bayi dan jumlah kopi yang aman saat menyusui. Lalu, bolehkah ibu menyusui minum kopi? Berikut informasi selengkapnya.

Efek Minum Kopi Secara Berlebihan Saat Menyusui

Ibu menyusui diperbolehkan minum kopi, asalkan jumlahnya tidak berlebihan. Hal ini dikarenakan kandungan kafein pada kopi yang dikonsumsi akan masuk ke air susu ibu (ASI). Sayangnya, hati dan ginjal bayi belum berkembang dengan sempurna dan tidak bisa membuang kafein dari tubuh, sehingga kafein akan menumpuk di tubuhnya. Efek stimulan pada kopi bisa menstimulasi aktivitas fisik. Oleh karena itu, jika dikonsumsi secara berlebihan, kopi berisiko memicu bayi rewel, gelisah, dan sulit tidur setelah diberikan ASI. Selain itu, minum kopi secara berlebihan memicu efek samping pada busui, misalnya mual, cemas, gelisah, tekanan darah tinggi, dan sulit tidur.

Jumlah Aman Minum Kopi Saat Menyusui

Jumlah minum kopi yang direkomendasikan untuk ibu menyusui adalah tidak melebihi 200 miligram per hari. Selain kopi, minuman atau makanan berkafein yang perlu dibatasi saat menyusui adalah teh dan cokelat susu. Berikut jumlah kafein yang terkandung dalam beragam minuman atau makanan berkafein:

  • Ada 100 mg kafein pada satu cangkir kopi instan (250 ml).
  • Ada 140 mg kafein pada satu cangkir kopi saring (250 ml).
  • Ada 75 mg kafein pada satu cangkir teh (250 ml).
  • Ada kurang dari 25 mg kafein pada satu batang dark chocolate (50 gr). pada satu cangkir kopi saring (250 ml).
  • Ada kurang dari 10 mg pada satu batang cokelat susu (50 gr).

Selain membatasi minum kopi, busui perlu menerapkan pola hidup sehat selama menyusui agar kesehatan bumil dan bayi terjaga. Jika ada pertanyaan terkait keamanan dan efektivitas minum kopi saat menyusui atau kebutuhan nutrisi yang perlu dipenuhi selama proses menyusui, konsultasikan ke dokter untuk diberikan saran yang sesuai dengan kondisi Anda.

Tips Aman Minum Kopi Saat Menyusui

Membatasi asupannya adalah kunci aman minum kopi saat menyusui. Jika busui sudah minum kopi, pastikan untuk mengecek label kemasan makanan atau minuman dengan kandungan kafein lainnya, misalnya teh, minuman energi, minuman ringan, dan cokelat. Selain itu, kandungan kafein ditemukan pada produk herbal dan obat tanpa resep dokter, misalnya obat alergi, pilek, dan sakit kepala. Oleh karena itu, jika bayi alergi terhadap kafein, berikut beragam cara yang bisa diterapkan untuk mengurangi risikonya:

  • Batasi minum kopi, yaitu satu cangkir kopi per hari.
  • Pemberian ASI sebaiknya dilakukan sebelum minum kopi atau makanan dan minuman berkafein lainnya.
  • Setelah minum kopi, tunggu setidaknya tiga jam sebelum memberikan ASI kembali agar kafein bisa diproses dengan baik di tubuh dan tersalurkan ke ASI.
  • Tidak minum kopi hingga busui selesai memberikan ASI atau tubuh bayi bisa memecah kafein di tubuhnya.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout