Blog

apa itu strict parents

Apa Itu Strict Parents?

Strict Parents merupakan suatu bentuk aturan yang telah diterapkan oleh orang tua kepada anaknya. Pada pola didikan ini orang tua mengawasi anaknya dengan lebih ketat selain itu juga membatasi kegiatan yang dilakukan oleh anak, biasanya adanya aturan ini orang tua memiliki harapan yang sangat besar kepada anaknya. Namun perlu diketahui bahwa hal ini akan berdampak buruk pada anak. Lalu apa itu Strict Parents? Apa saja dampak dan ciri-cirinya? Simak artikel berikut ini 

Apa itu Strict Parents?

Strict Parents sekarang ini telah banyak diterapkan oleh para orang tua, seperti melarang kegiatan anak-anak dan tidak memberikan kebebasan. Tidak bisa dipungkiri bahwa keadaan ini memang memiliki dampak yang positif namun disamping itu juga memiliki dampak yang negatif khususnya pada anak. Berikut adalah ciri-ciri dari Strict Parents yang harus Anda ketahui diantaranya:

1. Telah memberikan aturan yang ketat dengan menerapkan aturan pada anak

Hal ini termasuk ciri-ciri dari Strict Parents yang harus Anda waspadai,  aturan ini diterapkan orang tua pada anak karena tidak memiliki banyak waktu atau ruang pada anak khususnya bagi orang tua, sehingga hal ini menjadi alasan utama orang tua menerapkan aturan yang ketat.

2. Telah melakukan pengontrolan yang tergolong lebih tinggi pada kegiatan anak 

Melakukan pengontrolan yang tinggi pada anak juga harus Anda waspadai, orang tua yang menerapkan hal ini lebih cenderung mengontrol aktivitas anak sangat ketat. Keadaan ini harus Anda waspadai karena dapat merusak konsentrasi anak dalam mengerjakan sesuatu, sehingga tidak akan maksimal dari kegiatan yang dilakukan karena terkekang oleh orang tua. Dan hal ini akan memberikan dampak yang buruk bagi anak.

3. Selalu mengkritik pada prestasi anak yang didapatkan

Keberhasilan dalam bidang akademik anak menjadi hal yang sangat membanggakan bagi orang tua, akan tetapi tidak semua anak memiliki kemampuan yang sama. Maka lebih baik orang tua lebih berperan dalam mendukung dari prestasi akademik anak sehingga anak akan lebih semangat dalam meraih impian yang diinginkan. Jangan mengkritik terlalu keras pada anak karena hal ini akan menurunkan tingkat semangat pada anak. Justru motivasi dari orang tua mampu membangkitkan semangat pada anak. Jadi Anda harus tetap hari-hati ya.

4. Telah menerapkan aturan yang lebih keras

Peraturan yang dibuat itu harus di taati namun jika peraturan tersebut terlalu keras khususnya peraturan keluarga pada anak akan merusak mental anak. Pada ciri-ciri ini orang tua cenderung bersikap keras jika anak tidak mengikuti peraturan yang dibuat maka anak akan diberikan hukuman yang sangat keras. Peraturan ini sebaiknya harus dihindari karena akan merusak semangat dan mental anak, selain itu anak juga bisa depresi.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout