Blog

strict parents ayah memarahi anak belajar

Strict Parents Artinya Apa Sih?

Bagi kalangan anak muda yang aktif di media sosial, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah strict parents. Akan tetapi bagi sebagian orang yang masih awam, tentunya akan langsung bertanya mengenai strict parenst artinya apa sih? Jika Anda sendiri juga masih penasaran mengenai arti dari istilah strict parents, maka tidak ada salahnya untuk menyimak detail penjelasannya di artikel berikut ini. 

Apa arti dari strict parents?

Jika ditelusuri lebih dalam, strict parents sendiri mengandung arti yakni tindakan orang tua yang sering kali menuntut dan menaruh ekspektasi tinggi kepada buah hatinya. Dalam hal ini, orang tua yang memiliki perilaku strict parents biasanya akan cenderung melakukan pengawasan secara ketat terhadap aktivitas anaknya dan membatasi anak untuk melakukan beberapa hal yang menurut orang lain dianggap biasa.

Ketika orang tua sudah menerapkan gaya parenting yang seperti ini, bukan tidak mungkin mereka akan menerapkan hukuman tertentu jika anak tidak dapat memenuhi harapan dan ekspektasi yang diinginkannya.

Dampak negatif penerapan strict parents pada anak

Terlepas dari strict parenst artinya sebagai gaya parenting yang sering kali dilakukan orang tua kepada anaknya untuk tujuan baik, akan tetapi siapa sangka jika penerapan strict parents sendiri dapat memberikan dampak negatif bagi anak. Dengan pola asuh yang cenderung sangat ketat dan menuntut anak untuk dapat memenuhi harapan orang tua, gaya parenting strict parents ini dikatakan dapat menimbulkan dampak psikologis bagi anak di antaranya sebagai berikut.

1. Anak cenderung bersikap sangat patuh ataupun memberontak

Pada anak yang memiliki orang tua dengan penerapan pola asuh strict parents, biasanya mereka akan cenderung bersikap sangat patuh dan takut melakukan kesalahan. Dan bahkan bisa saja sebaliknya, mereka juga bisa saja memberontak dan melanggar aturan ketat yang diberlakukan oleh orang tua mereka. 

2. Memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah

Dampak negatif lain dari penerapan strict parents yang perlu diwaspadai oleh orang tua, yakni akan menjadikan anak cenderung memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah. Hal ini wajar terjadi, dikarenakan anak akan merasa jika mereka tidak pernah diberikan kesempatan untuk mengambil keputusan ataupun hal – hal yang mereka sukai. 

3. Mengalami gangguan kecemasan yang berlebihan

Yang perlu diketahui oleh orang tua mengenai penerapan gaya parenting strict parents selanjutnya, yaitu dapat mengakibatkan anak mengalami gangguan kecemasan secara berlebihan. Bahkan jika kondisinya parah, maka akan menjadikan kondisi anak menjadi lebih sulit dalam mengatasi stress.

Setelah melihat ulasan di atas tadi, Anda tentunya sudah tidak lagi penasaran dan bertanya – tanya mengenai strict parenst artinya apa sih? Bahkan dengan mengetahui informasi ini, menjadikan Anda dapat memilih gaya parenting yang seperti apa yang cocok untuk diterapkan kepada si buah hati nantinya.  

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout