Blog

apa saja makanan yang perlu dikonsumsi oleh busui? Berikut rekomendasinya.

Rekomendasi Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

Saat menyusui, pemenuhan kebutuhan nutrisi adalah kunci agar kesehatan busui dan bayi terjaga. Ada beragam jenis makanan untuk ibu menyusui yang direkomendasikan.

Mengonsumsi makanan bergizi saat menyusui akan memengaruhi produksi dan kualitas ASI, serta meningkatkan proses tumbuh kembang dan daya tahan tubuh si kecil. Lalu, apa saja makanan yang perlu dikonsumsi oleh busui? Berikut rekomendasinya.

Daftar Makanan Sehat Saat Menyusui

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama menyusui, berikut beragam jenis makanan sehat yang perlu dikonsumsi sehari-hari:

  • Sayuran hijau. Sayuran hijau, misalnya brokoli dan bayam, kaya akan nutrisi yang dibutuhkan bayi dan busui, misalnya vitamin C, vitamin A, dan kalsium. Vitamin C dan A bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sedangkan kalsium dapat meningkatkan pertumbuhan tulang bayi. Kandungan fitoestrogen pada sayuran hijau juga efektif meningkatkan produksi ASI.
  • Nasi. Karbohidrat dibutuhkan tubuh untuk memberikan energi selama menyusui. Sumber karbohidrat yang direkomendasikan adalah nasi putih atau nasi merah. Jika busui mengidap diabetes, pilih nasi merah dengan indeks glikemik rendah, sehingga efektif mencegah lonjakan kadar gula.
  • Daging tanpa lemak. Rekomendasi makanan untuk ibu menyusui berikutnya adalah daging tanpa lemak. Daging tanpa lemak kaya akan zat besi, vitamin B12, dan protein yang dibutuhkan oleh busui dan bayi. Zat besi dapat mencegah anemia, sedangkan vitamin B12 dan protein berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan saraf, tulang, dan otot bayi.
  • Telur. Selain tinggi protein, telur kaya akan omega-3 yang bermanfaat untuk meningkatkan nutrisi pada ASI dan meningkatkan pertumbuhan saraf dan otak bayi. Untuk mendapatkan manfaat omega-3, pilih telur yang diperkaya DHA.
  • Susu. Untuk memenuhi kebutuhan protein dan kalsium, busui dianjurkan untuk mengonsumsi susu. Yoghurt yang kaya akan protein dan kalsium juga bisa menjadi alternatif untuk busui yang tidak suka susu.
  • Ikan salmon. Salmon adalah makanan untuk ibu menyusui yang penting. Kandungan DHA yang tinggi pada ikan salmon bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan saraf bayi dan mencegah depresi pasca melahirkan. Namun, batasi konsumsi ikan salmon maksimal 12 ons per minggu untuk mencegah paparan merkuri pada bayi.
  • Jeruk. Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi dan busui. Selain itu, buah yang direkomendasikan untuk busui adalah anggur, alpukat, atau buah beri.
  • Kurma. Agar produksi ASI terjaga, busui bisa mengonsumsi kurma yang dapat meningkatkan hormon prolaktin, yaitu hormon pemicu produksi ASI. Kurma juga kaya akan kalsium dan serat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Sumber kalsium yang bisa dikonsumsi oleh busui lainnya adalah almond.

Itulah penjelasan mengenai rekomendasi makanan sehat untuk ibu menyusui. Konsumsi makanan sehat di atas secara rutin agar memenuhi kebutuhan nutrisi bayi dan busui tercukupi selama proses menyusui. Jika ada pertanyaan terkait kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi selama menyusui, konsultasikan ke dokter untuk mengetahui rekomendasi menu sehat yang sesuai dengan kondisi Anda. Jika busui mengalami gangguan-gangguan tertentu yang menghambat produksi ASI, konsultasikan ke dokter untuk dideteksi penyebabnya dan diberikan penanganan lebih lanjut. Dengan begitu, risiko komplikasi yang serius bisa dikurangi.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout