Berapa Kalori Nasi Putih dan Nasi Merah?

Berapa Kalori Nasi Putih dan Nasi Merah?

Berapa Kalori Nasi Putih dan Nasi Merah?

Ketika sedang diet, nasi putih merupakan salah satu jenis makanan yang dihindari. Hal ini dikarenakan nasi putih tinggi kalori. Sedangkan, nasi merah banyak dikonsumsi saat diet, karena tinggi serat. Sebenarnya, berapa kalori nasi putih dan nasi merah?

Kandungan serat dalam nasi putih memang tidak sebanyak pada nasi merah. Meski demikian, jangan salahkan nasi putih ketika program diet Anda tidak berhasil. Untuk menghindari kesalahan dalam diet, ketahui berapa kalori nasi putih dan nasi merah berikut.

Berikut perbedaan kalori nasi putih dan nasi merah yang perlu Anda ketahui:

1. Kalori nasi putih

Dikutip dari Fat Secret Indonesia, kalori nasi putih disesuaikan dengan takarannya masing-masing. Berikut total kalori khusus nasi putih:

  • Kalori nasi putih 1 ons sekitar 112 kalori.
  • Kalori nasi putih sebanyak 1 centong atau sekitar 100 gram, yaitu 129 kalori.
  • Kalori nasi putih 1 piring atau 1 porsinya sekitar 204 kalori.

Jumlah kalori nasi putih dalam 1 porsinya adalah 204 kalori, dengan rincian, yaitu 2% lemak, 89% karbohidrat, dan 9% protein. Kalori nasi goreng adalah sekitar 163 kalori dengan berat sekitar 100 gram.

Sedangkan, kalori nasi uduk dengan berat sekitar 150 gram adalah sekitar 435 kalori, protein 8,17 gram, lemak 9,89 gram, dan karbohidrat 60,9 gram.

2. Kalori nasi merah

Nasi merah memiliki kalori lebih rendah dibandingkan nasi putih. Kalori nasi merah 1 centong atau 100 gram adalah 110 kalori. Namun, perbedaan kalori nasi putih dan nasi merah tidak berbeda jauh. 

Nasi merah mengandung lebih banyak serat dan memiliki indeks glikemik (G) yang lebih rendah. Oleh karena itu, nasi merah baik dikonsumsi saat diet. 

Kalori dan Nutrisi Jenis Nasi Lainnya

Dikutip dari Harvard T.H. Chan School of Public Health, nasi mengandung beberapa nutrisi penting bagi tubuh, seperti vitamin B1, vitamin B6, serat, magnesium, fosfor, mangan, dan selenium. Namun, nasi merah menjadi pilihan yang lebih baik dibandingkan nasi putih. Selain itu, berikut beberapa jenis nasi yang baik untuk kesehatan lainnya:

1. Beras cokelat

Beras cokelat mengandung antioksidan flavonoid apigenin, guercetin, dan luteolin, sehingga dapat membantu mencegah berbagai penyakit.

Dikutip dari Dietary Antioxidants and Prevention of Non-Communicable Diseases, nasi cokelat juga mengandung kalori dan karbohidrat yang serupa dengan nasi putih. Terdapat 111 kalori dalam satu centong atau 100 gram nasi cokelat. Selain itu, beras merah juga sekitar 3 kali lebih banyak dan lebih tinggi dibandingkan protein.

2. Beras hitam

Nasi hitam memiliki 260 kalori dalam satu centongnya dan akan berubah menjadi warna ungu saat dimasak. Nasi hitam memiliki banyak manfaat, karena kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa yang melindungi sel dari kerusakan akibat kelebihan molekul yang disebut radikal bebas. 

Radikal bebas adalah senyawa yang bisa menyebabkan stres oksidatif. Stres oksidatif juga dikaitkan dengan berbagai kondisi kronis, seperti penyakit jantung, kanker, dan gangguan mental. Beras hitam juga kaya akan kandungan anthocyanin, yaitu sekelompok pigmen tanaman flavonoid yang memiliki sifat antioksidan dan antiradang yang kuat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout