4 Vitamin yang Larut dalam Lemak

4 Vitamin yang Larut dalam Lemak

Vitamin yang Larut dalam Lemak Adalah – Setiap nutrisi memiliki karakteristik masing-masing. Jika membicarakan vitamin, bisa dibedakan dalam dua kelompok, yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang dapat larut pada lemak.

Vitamin yang bisa larut dalam air adalah vitamin B dan vitamin C. Sedangkan vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Uraian manfaat dari vitamin yang dapat larut dalam lemak tersebut adalah sebagai berikut.

Vitamin yang Larut dalam Lemak Adalah…

Berdasarkan karakteristiknya, vitamin dapat terbagi dalam dua kelompok. Setidaknya ada empat vitamin yang dapat larut dalam lemak berikut ini.

1. Vitamin A

Semua orang membutuhkan asupan vitamin A setiap harinya. Sebab, vitamin ini dapat menunjang kesehatan pada beberapa bagian tubuhmu. Ketika dikonsumsi, vitamin ini dapat larut dalam lemak kemudian bekerja aktif memberikan manfaatnya.

Manfaat dari vitamin A yang paling umum diketahui adalah menyehatkan mata. Kekurangan vitamin A memang dapat menurunkan kualitas penglihatan seseorang.

Selain itu, vitamin A juga dapat memelihara kesehatan gigi dan tulang, sistem reproduksi, kulit, serta sistem imun tubuh. Gangguan yang bisa tubuh rasakan ketika kekurangan vitamin A misalnya kulit menjadi kering, luka sulit untuk sembuh, jerawat tumbuh, hingga seseorang berisiko mengalami kemandulan.

Oleh karena itu, jangan sepelekan kebutuhan vitamin A untuk tubuh. Vitamin ini bisa diperoleh secara alami dari makanan sehat seperti telur, susu, sayuran berwarna kemerahan seperti paprika merah dan wortel, sayuran hijau berupa bayam, buah pepaya, dan buah mangga.

2. Vitamin D

Berikutnya, vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin D. Vitamin ini juga memiliki manfaatnya tersendiri, saling mendukung kegunaan nutrisi lain di dalam tubuh.

Vitamin D berfungsi menunjang pertumbuhan gigi dan tulang. Caranya adalah dengan mendorong tubuh menyerap kalsium secara optimal. Di sisi lain, vitamin D juga diperlukan untuk menjaga kadar fosfor dalam tubuh.

Kekurangan vitamin D akan memicu risiko gangguan kesehatan tubuh. Di antaranya menyebabkan kelainan tulang, membuat rambut rontok, bahkan menyebabkan seseorang mengalami kanker usus besar atau payudara.

Untuk memperoleh manfaat vitamin D, biasakan menjemur tubuh di pagi hari. Sinar ultraviolet dari matahari pagi dapat menghasilkan vitamin D ketika menyentuh permukaan kulit.

Selain itu, konsumsi juga makanan yang bergizi. Makanan yang mengandung vitamin D adalah ikan salmon, ikan tuna, hati, keju, sereal, dan kuning telur.

3. Vitamin E

Vitamin E juga termasuk vitamin yang dapat larut dalam lemak. Manfaat utama vitamin ini adalah menjaga kesehatan kulit. Oleh karena itu, banyak produk perawatan kulit yang menawarkan kandungan vitamin E di dalamnya.

Vitamin E ini dapat menjadi antioksidan, yaitu senyawa yang akan melindungi sel dari kerusakan dan mencegah penuaan. Termasuk pada sel yang ada di kulit.

Selain itu, vitamin E juga berfungsi mendorong pembentukan sel darah merah di dalam tubuh serta memelihara kesehatan otot dan saraf. Kekurangan vitamin E dapat membuat saraf dan otot mengalami kerusakan. Akibatnya seseorang mudah lelah dan sulit mengontrol gerakan pada tubuhnya.

Pada dasarnya, vitamin E juga mudah diperoleh. Makanan yang menjadi sumber vitamin E di antaranya kacang-kacangan, sayuran hijau, biji-bijian, hingga sereal.

4. Vitamin K

Vitamin yang dapat larut dalam lemak berikutnya adalah vitamin K. Vitamin ini berfungsi sebagai koenzim yang akan mendukung proses-proses yang terjadi dalam tubuh. Seperti proses metabolisme tulang, proses pembekuan darah, hingga mendorong kerja protein.

Protein dibutuhkan untuk menunjang kesehatan tulang, darah, serta otot dalam tubuh. Kekurangan vitamin K dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan tulang, meningkatkan risiko osteoporosis, membuat pendarahan sulit dihentikan, dan memicu penyakit kardiovaskular.

Tetapi, risiko-risiko gangguan kesehatan tersebut bisa dihindari dengan menjaga asupan vitamin K. Baik melalui konsumsi suplemen tambahan maupun memakan makanan yang tepat, seperti sereal gandum, makanan khas Jepang yaitu natto, sayur bayam, dan brokoli.

Nah, itulah beberapa vitamin yang larut dalam lemak. Pada kenyataannya, tidak semua orang memerhatikan asupan gizi dari makanan yang dikonsumsinya. Untuk menyiasati itu, suplemen vitamin tambahan bisa menjadi solusi. Pyfa Health menyediakan vitamin sesuai kebutuhanmu.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Open chat
Hi, ada yang bisa kami bantu?