7 Manfaat Vitamin B1 untuk Kesehatan

7 Manfaat Vitamin B1 untuk Kesehatan

Manfaat Vitamin B1 – Dikenal juga dengan nama tiamin, vitamin B1 berperan penting untuk tubuh yang salah satu perannya dalam penggunaan karbohidrat menjadi sumber energi bagi tubuh. Vitamin B1 dapat membantu menjaga fungsi saraf agar tetap baik. Untuk memenuhi kebutuh vitamin B1 untuk asupan harian tubuh, dapat diperoleh melalui makanan atau suplemen.

Perlu diketahui terlebih dahulu, bahwa angka kecukupan gizi (AKG) yang dianjurkan bervariasi berdasarkan usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan. Nah, khususnya untuk Ibu hamil dan menyusui membutuhkan lebih banyak asupan vitamin B1 per harinya. Jumlah besaran AKG vitamin B1 untuk ibu hamil dan menyusui adalah 1,4 mg/hari.

Baca Juga: Daftar Vitamin untuk Ibu Menyusui yang Wajib Dipenuhi.

Selain penting untuk ibu hamil, vitamin B1 juga berfungsi untuk mencegah berbagai gangguan kesehatan kamu, lho. Berikut ini adalah manfaat vitamin B1 untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui.

Manfaat Vitamin B1

Apa saja manfaat vitamin B1? Ketahui beragam manfaat dari vitamin B1 atau tiamin untuk kesehatan berikut ini.

1. Melindungi tubuh dari infeksi

Salah satu manfaat vitamin B1 dalam tubuh adalah untuk menjaga menjaga selaput lendir agar tetap sehat dengan memberi nutrisi untuk membangun sel baru. Karena, apabila tubuh mengalami kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan selaput lendir rusak dan mengering.

Apabila tubuh kekurangan kadar vitamin B1, tubuh mungkin tidak dapat membuat selaput lendir baru. Padahal, fungsi selaput lendir pada tubuh penting untuk membantu melindungi tubuh dari benda asing yang dapat menyebabkan infeksi. Karena selaput lendir yang dimiliki tubuh ini bertugas melapisi bagian dalam hidung, paru-paru, dan kelopak mata dan membuatnya terhindar dari risiko infeksi.

2. Memelihara fungsi otot

Tubuh kita jika tidak memiliki kontraksi dan relaksasi otot yang tepat, maka tidak akan dapat melakukan gerakan apapun. Fungsi tiamin di dalam tubuh selanjutnya adalah untuk memastikan bahwa otot dapat terus-menerus menerima sinyal untuk berkontraksi dan rileks sehingga memungkinkan Kamu untuk bergerak dengan bebas.

3. Sebagai pengatur nafsu makan

Fungsi lain tiamin untuk tubuh adalah untuk mengatur nafsu makan. Vitamin B1 bertugas bersama neurotransmitter di otak untuk memberi tahu tubuh dan memberi sinyal ketika lapar. Tak hanya itu, vitamin B1 juga bertugas untuk membuat tubuh tahu kapan waktunya kenyang selama makan. Dengan begitu, asupan vitamin B1 yang tepat membuat kita akan terhindar untuk berlebihan.

Ingin membeli suplemen dan vitamin B1 untuk menjaga kesehatan tubuh? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Mencegah risiko penyakit ginjal

Sebuah riset menyatakan bahwa mengonsumsi vitamin B1 dosis tinggi atau 100 mg tiga kali sehari selama tiga bulan, mampu mengurangi jumlah albumin dalam urine pada orang dengan diabetes tipe 2. Hal itu penting karena albumin dalam urine merupakan indikasi terjadinya kerusakan pada ginjal.

5. Mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung

Salah satu manfaat kecukupan vitamin B1 adalah untuk membantu menurunkan risiko beberapa penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker. Tiamin dapat bekerja seperti antioksidan dengan cara melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada DNA sel.

6. Meningkatkan fungsi sistem saraf dan kardiovaskuler

Manfaat selanjutnya vitamin B1 adalah untuk menyediakan nutrisi untuk sel-sel saraf yang sehat, serta struktur dan fungsi sel saraf. Vitamin B1 berguna untuk membuat fungsi saraf pusat pusat berfungsi dengan benar. Tak hanya itu, tiamin juga bermanfaat bagi sistem kardiovaskuler dalam tubuh dengan mempertahankan sel darah merah dan meningkatkan sirkulasi darah.

7. Memetabolisme energi

University of Maryland Medical Center menyebutkan bahwa vitamin B1 juga berfungsi baik untuk metabolisme dan melepaskan energi dari karbohidrat. Asupan tiamin dalam tubuh berfungsi untuk mendapatkan energi yang dibutuhkan dari makanan yang kamu konsumsi.

Baca Juga: Deretan Manfaat Vitamin B Complex untuk Ibu Hamil.

Nah, itulah beberapa manfaat vitamin B1 untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui. Penuhi kebutuhan vitamin B1 kamu dengan mengonsumsi makanan atau suplemen dan vitamin yang mengandung nutrisi tersebut.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin B1

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Open chat
Hi, ada yang bisa kami bantu?