Vitamin yang Diperlukan oleh Tubuh Dapat Kita Peroleh Darimana Saja?

Vitamin yang Diperlukan oleh Tubuh Dapat Kita Peroleh Darimana Saja?

Vitamin yang Diperlukan oleh Tubuh Dapat Kita Peroleh Darimana Saja? – Tubuh tidak bisa lepas dari nutrisi untuk dapat tumbuh, berkembang, dan bekerja mendukung berbagai macam aktivitas. Apalagi, aktivitas fisik yang membuat tubuh banyak bergerak.

Vitamin adalah salah satu nutrisi yang harus kamu perhatikan asupannya. Vitamin yang diperlukan tubuh dapat kita peroleh dari berbagai cara. Tapi, sebelum itu, mari kita mengenal lebih jauh soal vitamin terlebih dulu.

Pengertian Vitamin

Vitamin adalah nutrisi yang tergolong sebagai mikronutrien atau zat gizi mikro. Artinya, sebetulnya tubuh hanya memerlukan vitamin dalam jumlah yang sedikit. Walaupun begitu, keberadaannya penting untuk mendukung berbagai macam proses metabolisme dalam tubuh.

Perlu kamu ketahui, ada 13 jenis vitamin yang dibutuhkan setiap hari oleh tubuh manusia, yaitu vitamin A, C, D, E, K, dan B. Vitamin B sendiri memiliki turunannya lagi, dari vitamin B1 hingga vitamin B12.

Kekurangan vitamin dapat menurunkan kondisi kesehatan, bahkan memicu kerusakan tubuh tertentu. Kelebihannya juga belum tentu berdampak baik pada tubuh. Setiap vitamin sebaiknya dimiliki oleh tubuh dengan kandungan yang cukup. Nah, ada beberapa cara memperoleh vitamin. Cara alami hingga cara praktis lainnya. Simak berikut ini.

Vitamin yang Diperlukan oleh Tubuh Dapat Kita Peroleh Darimana Saja?

Vitamin yang diperlukan oleh tubuh dapat kita peroleh dari cara alami dan praktis lewat konsumsi vitamin buatan. Simak selengkapnya berikut ini.

1. Mengonsumsi makanan bergizi

Vitamin yang diperlukan tubuh dapat kita peroleh dari berbagai upaya. Cara paling baik adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi. Kandungan vitamin tertentu dalam makanan yang sehat dapat berbeda-beda.

  • Vitamin A

Manfaat utama dari vitamin A adalah memelihara kesehatan mata. Untuk memperolehnya, kamu bisa mengonsumsi sayuran seperti wortel, bayam, brokoli, kubis, hingga labu. Jenis makanan lain yang juga mengandung vitamin ini yaitu telur, keju, susu, minyak ikan kod, ataupun buah melon.

  • Vitamin B
Baca Juga  Untuk Menjaga Kesehatan Tulang, Maka Kita Sebaiknya Mengonsumsi Makanan yang Mengandung?

Vitamin B memiliki fungsi utama untuk memecah nutrisi dan mengubahnya menjadi energi. Beberapa makanan bergizi yang mengandung vitamin B adalah asparagus, kentang, gandum, telur, kubis, jeruk, dan cokelat.

Kalau diuraikan lagi, sebetulnya bisa lebih beragam, tergantung jenis vitamin B apa yang sedang kamu butuhkan. Misalnya saja ketika kamu memerlukan vitamin B3, kurma, alpukat, hingga daging ayam bisa menjadi sumber makanan yang baik. Ketika tubuh membutuhkan vitamin B9, biji bunga matahari dan sayuran hijau akan menjadi pilihan yang baik untuk dikonsumsi.

  • Vitamin C

Vitamin C bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh. Sumber makanan yang mengandung vitamin C tinggi di antaranya buah kiwi, buah jeruk, pepaya, dan stroberi.

  • Vitamin D

Vitamin D juga meningkatkan fungsi sistem imun dalam tubuh. Di sisi lain, bermanfaat menunjang kesehatan tulang. Vitamin ini bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi telur, hati sapi, ikan, dan jamur.

  • Vitamin E

Vitamin E itu manfaatnya sangat baik dalam memelihara kesehatan mata. Kandungan vitamin E tinggi terdapat pada kacang-kacangan seperti kacang almond, telur, minyak sayur, buah alpukat, dan susu.

  • Vitamin K

Vitamin K bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan meningkatkan proses pembekuan darah ketika dibutuhkan. Fungsi lainnya adalah mendukung kesehatan tulang. Nutrisi ini dapat diperoleh dari buah kiwi, buah alpukat, hingga sayuran hijau seperti seledri.

2. Sinar matahari

Vitamin yang diperlukan tubuh dapat kita peroleh dari sinar matahari. Tapi, ini hanya vitamin tertentu saja, yaitu vitamin D.

Kebiasaan menjemur tubuh di pagi hari adalah cara alami mendapatkan vitamin D. Saat tubuh menyerap sinar matahari, dengan sendirinya vitamin D akan terbentuk.

Sebagai catatan, sinar matahari yang baik adalah pada pagi hari yaitu sebelum jam 10 pagi. Tidak perlu berlama-lama, kamu cukup berjemur sekitar 10 sampai 15 menit saja setiap harinya.

Baca Juga  Bisakah Corona Menular Lewat Hubungan Intim? Ini Jawabannya

3. Mengonsumsi suplemen tambahan

Suplemen di sini artinya vitamin tambahan yang dikonsumsi secara khusus, seperti obat. Suplemen yang berupa vitamin, dapat mengandung satu jenis vitamin saja ataupun dikombinasikan dengan vitamin lainnya.

Jadi, vitamin ini diproduksi secara mekanik, dengan mengolah nutrisi organik dari makanan dan buah-buahan. Bentuk akhirnya dapat berupa tablet, pil, kapsul, cairan, atau tablet yang bisa dilarutkan dalam air.

Untuk mengonsumsi vitamin tambahan ini tidak bisa sembarangan. Ada dosis tertentu yang ditentukan, biasanya tertera pada kemasan. Kamu harus mengikuti anjuran tersebut.

Pyfa Health menyediakan vitamin berupa suplemen tambahan ini dalam beberapa bentuk dan jenis. Sesuaikan dengan kebutuhanmu dan lengkapi nutrisi harian tubuh.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout