6 Buah untuk Kesehatan Mata, Kaya Antioksidan

buah untuk kesehatan mata

6 Buah untuk Kesehatan Mata, Kaya Antioksidan

Wortel sejak lama dikenal sebagai makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata dan menurunkan risiko terjadinya gangguan mata. Namun, ada juga buah-buahan lainnya yang memiliki manfaat yang sama seperti wortel. Apa saja buah untuk kesehatan mata?

Mengonsumsi buah-buahan secara rutin dapat menghambat perkembangan penyakit yang menyerang mata, seperti katarak, degenerasi makula, dan glaukoma. Berikut beberapa buah untuk kesehatan yang baik untuk dikonsumsi.

Buah untuk Kesehatan Mata

Agar mata tetap sehat, jernih, dan tajam, ada 6 buah yang bagus untuk dikonsumsi secara rutin. Berikut beberapa di antaranya:

1. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan mata. Alpukat kaya akan vitamin A, vitamin E, serta antioksidan, seperti lutein dan zeaxanthin. Semua nutrisi tersebut sangat penting untuk kesehatan mata sekaligus memperlambat perkembangan penyakit degenerasi makula dan katarak penyebab penglihatan kabur.

2. Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin C dalam jeruk berfungsi untuk membantu melawan risiko katarak dan degenerasi makula. Vitamin C merupakan antioksidan yang baik untuk mencegah kerusakan mata akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin C pada jeruk juga dapat membantu pembentukan protein kolagen yang bermanfaat untuk menjaga kejernihan kornea.

3. Blueberry

Buah untuk kesehatan mata lainnya adalah blueberry. Blueberry kaya akan antioksidan kuat, yaitu antosianin, yang bermanfaat untuk memberikan perlindungan pada indra penglihatan. Ketika seseorang menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari, antosianin dapat melindungi retina dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Senyawa antosianin bisa didapatkan dari makanan dengan pigmen warna biru, ungu, atau merah tua, seperti anggur merah atau ungu, delima, blackberry, dan cranberry.

4. Kiwi

Kandungan vitamin C dalam kiwi berperan sebagai antioksidan yang efektif untuk mencegah penyakit mata. Dalam satu cangkir kiwi, mengandung 167 miligram vitamin C atau dua kali lipat jumlah nutrisi yang disediakan jeruk. Selain itu, mineral tembaga dalam kiwi juga berperan penting bagi sistem saraf yang bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi retina. Peneliti dari National Eye Institute percaya bahwa asupan vitamin C yang tinggi dan nutrisi mata lainnya dapat membantu mencegah pembentukan katarak pada usia lanjut.

5. Tomat

Tomat kaya akan karotenoid, sehingga bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, tomat juga merupakan sumber likopen dan lutein yang terbukti dapat melindungi mata dari kerusakan akibat cahaya, serta menghambat perkembangan katarak dan degenerasi makula. Studi dari The Age-Related Eye Disease yang dilaporkan oleh NCBI menemukan bahwa orang yang memenuhi asupan karotenoid dapat menurunkan risiko degenerasi makula sebesar 35 persen.

6. Mangga

Mangga juga termasuk buah untuk kesehatan mata yang direkomendasikan. Hal ini dikarenakan mangga mengandung dua nutrisi mata, antara lain lutein dan zeaxanthin, yang dapat menjaga kesehatan mata dan melindungi dari sinar biru yang dipancarkan dari layar gadget. Selain itu, mangga juga menyediakan sumber lutein dan zeaxanthin yang cukup tinggi, yaitu 48 mikrogram per buah. Selain itu, vitamin A yang tinggi pada mangga juga berfungsi untuk membantu mencegah gangguan mata, seperti mata kering dan rabun senja.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout