Blog

vitamin untuk kesehatan mata

7 Vitamin untuk Kesehatan Mata

Mata yang indah dan sehat berperan penting dalam membantu aktivitas sehari-hari. Agar fungsi mata tetap optimal, Anda perlu mengonsumsi vitamin untuk kesehatan mata. Apa saja vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan mata?

Asupan vitamin yang cukup dapat meningkatkan kualitas penglihatan Anda. Ada 7 vitamin untuk kesehatan mata yang bisa ditemukan dalam berbagai makanan sehari-hari. Apa saja itu? Berikut beberapa di antaranya.

Vitamin untuk Kesehatan Mata

Berikut 7 vitamin untuk menjaga kesehatan mata yang perlu Anda ketahui:

1. Lutein

Lutein adalah antioksidan yang berfungsi untuk melindungi mata dan kulit. Untuk mendapatkan manfaat lutein, Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan, seperti sayuran hijau, kuning telur, serta buah sitrus, seperti jeruk, lemon, dan anggur. Mengonsumsi 6 miligram lutein setiap hari dapat menurunkan risiko degenerasi makula hingga 43 persen.

2. Zeaxanthin

Ada sekitar 600 jenis karotenoid yang ditemukan di alam, namun hanya sekitar 20 jenis yang baik untuk mata. Zeaxanthin dan lutein adalah dua jenis karotenoid yang paling baik untuk menjaga kesehatan mata. Seperti halnya lutein, zeaxanthin juga berfungsi untuk membantu melindungi jaringan mata, lensa, dan makula, yang menajamkan penglihatan, menjaga sensitivitas cahaya, dan gangguan mata, seperti katarak.

3. Vitamin C

Selain membantu melawan pilek, vitamin C juga merupakan salah satu vitamin yang baik untuk kesehatan mata. Mengonsumsi vitamin C  secara rutin bermanfaat untuk melindungi penglihatan, melawan radikal bebas, serta membantu tubuh menyerap lebih banyak mineral dan nutrisi lainnya.

4. Vitamin E

Vitamin E, vitamin A, dan vitamin C bekerjasama dalam menjaga sel dan jaringan agar tetap kuat dan terlindungi dari efek peradangan. Suatu penelitian pada 2008 yang melibatkan 35.000 orang dewasa menemukan bahwa orang dengan tingkat asupan lutein dan vitamin E yang tinggi memiliki risiko katarak lebih rendah dibandingkan yang memiliki asupan lebih rendah. 

5. Seng

Kombinasi seng dengan vitamin lain dapat membantu melindungi retina dan menurunkan risiko degenerasi makula. Seng adalah salah satu nutrisi paling penting yang berfungsi untuk membantu penyerapan nutrisi dan melawan peradangan dan kerusakan sel. Seng juga menguntungkan jaringan di mata, karena berperan penting dalam pembelahan dan pertumbuhan sel, menjaga kesehatan sirkulasi, mengendalikan inflamasi sitokin yang menyerang jaringan, dan menyeimbangkan hormon yang mencegah reaksi autoimun. Seng bisa didapatkan dari sumber makanan, seperti ikan, daging kambing atau sapi, serta kacang-kacangan.

6. Vitamin A (Betakaroten)

Dikutip dari Journal of American Medical Association of Opthamaology, seseorang membutuhkan vitamin A yang cukup untuk mencegah kebutaan malam dan xerophthalmia, yaitu kekeringan pada mata yang disebabkan oleh defisiensi vitamin A. Vitamin A adalah antioksidan yang berfungsi untuk mencegah hilangnya penglihatan yang disebabkan oleh penyakit degeneratif, seperti katarak dan degenerasi makula. Studi juga menunjukkan bahwa vitamin A dengan antioksidan lainnya dapat membantu memperlambat perkembangan neuropati atau kerusakan saraf, termasuk neuropati diabetes yang disebabkan oleh penyakit diabetes.

7. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya menjaga kesehatan mata. Asam lemak omega-3 dapat menstabilkan kadar gula darah, menurunkan respons inflamasi, membantu melawan kerusakan mata yang disebabkan oleh diabetes, meningkatkan sirkulasi, serta membantu menghentikan sel untuk bermutasi.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout