Blog

obat tetes mata

4 Cara Memilih Obat Tetes Mata yang Tepat

Saat terjadi masalah pada mata, seperti mata merah, kering, dan perih, salah satu solusi untuk mengatasinya adalah menggunakan obat tetes mata. Namun, bagaimana cara memilih obat tetes mata yang sesuai dengan kebutuhan?

Obat tetes mata memiliki banyak jenis dan tersedia di apotek atau toko obat. Agar tidak salah pilih, Anda perlu mengetahui cara memilih jenis obat tetes mata untuk perawatan kesehatan mata sesuai kebutuhan berikut.

Cara Memilih Obat Tetes Mata Sesuai dengan Kebutuhan

Obat tetes mata adalah cairan yang digunakan untuk meringankan berbagai masalah mata, seperti mata merah, kering, alergi, ataupun pemulihan setelah operasi mata. Hal pertama yang harus dipertimbangkan sebelum membeli obat tetes mata tanpa resep dokter di toko obat adalah mengetahui jenis masalah mata yang dialami. Oleh karena itu, pastikan penyebab dan gejala yang dialami sesuai dengan kandungan dalam obat tetes mata berikut:

1. Mata kering

Penyebab mata kering, antara lain kebiasaan menatap layar komputer terlalu lama, udara kering, berada di dalam ruangan AC terlalu lama, mata kelelahan, atau efek operasi mata. Berikut ciri-ciri dari mata kering: 

  • Penglihatan kabur.
  • Mata perih.
  • Sensasi kering atau gatal pada mata.

Menggunakan obat tetes mata bisa memberikan sedikit kelegaan untuk mata kering dalam jangka pendek. Obat tetes mata bekerja dengan menambahkan elemen air mata untuk membasahi mata yang kering, sehingga membuat mata menjadi lebih lembap. 

2. Mata merah

Mata merah bisa disebabkan oleh debu, polusi, asap, berenang terlalu lama, dan alergi atau infeksi. Kondisi mata merah bisa ditandai dengan gejala:

  • Mata berair. 
  • Sensasi nyeri.
  • Mata gatal atau terbakar.

Obat tetes mata dekongestan mungkin bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini. Jenis obat ini dapat mengurangi pembengkakan pembuluh darah mata secara sementara. Ketika pembuluh darah tidak lagi bengkak, rona merah muda atau merah pada mata akan menghilang.

3. Mata gatal karena alergi

Menggosok mata gatal bukan solusi yang tepat, karena akan lebih banyak melepaskan histamin. Lepasnya histamin saat menggosok mata hanya akan membuat kondisi mata menjadi lebih gatal. Oleh karena itu, gunakan obat tetes mata yang mengandung antihistamin, karena secara khusus diformulasikan untuk mengobati gatal akibat alergi. Cara kerja obat tetes mata yang mengandung antihistamin adalah dengan mengurangi histamin di jaringan mata.

4. Konjungtivitis dan infeksi lainnya

Jika Anda mengalami mata merah yang disertai munculnya mata berair, mungkin disebabkan oleh infeksi atau sering disebut sebagai konjungtivitis. Air mata buatan bisa meredakan gejala konjungtivitis secara sementara yang umumnya disebabkan oleh:

  • Reaksi alergi terhadap zat seperti serbuk sari atau tungau debu.
  • Infeksi bakteri atau virus.
  • Mata bersentuhan dengan hal-hal yang dapat mengiritasi konjungtiva, seperti sampo. 

Namun, konjungtivitis bakteri juga dapat membuat mata benar-benar merah dan sakit, disertai munculnya cairan tebal dan lengket yang membutuhkan obat tetes mata antibiotik. 

Untuk meredakan gejala mata merah, mata kering, atau masalah mata lainnya, pastikan Anda memilih tetes mata yang tepat sebagai tindakan pengobatannya. Hindari menggunakan tetes mata yang tidak sesuai untuk mencegah masalah yang semakin serius atau komplikasi.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout