Blog

cara menghilangkan kantung mata hitam

6 Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam Secara Alami

Kantung mata hitam sering kali mengganggu penampilan. Dikutip dari Medical News Today, kantung mata hitam disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah. Bagaimana cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami?

Selain penyempitan pembuluh darah, kantung mata hitam juga bisa disebabkan oleh kurang tidur, hiperpigmentasi, kulit menipis di bawah mata, merokok, dan lainnya. Untuk mengatasinya, berikut beberapa cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami.

Faktor Risiko Kantung Mata Hitam

Munculnya kantung mata hitam bisa dipicu oleh beberapa faktor risiko berikut:

1. Proses penuaan

Proses penuaan ditandai dengan hilangnya jaringan lemak dan penipisan kulit di sekitar mata. Perubahan ini dapat membuat lingkaran hitam tampak lebih jelas pada orang yang berusia lanjut. Air mata yang keluar di bagian bawah mata bisa menyebabkan lingkaran hitam dan kondisi ini biasanya berhubungan dengan penuaan.

2. Genetik

Genetik juga bisa menjadi faktor pemicu munculnya kantung mata hitam. Dikutip dari Clinical and Aesthetic Dermatology, jika seseorang memiliki lingkaran hitam di bawah matanya, umumnya juga muncul pada beberapa anggota keluarga lainnya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Mata Sembap: Kompres Dingin Hingga Tidur yang Cukup

Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam Secara Alami

Meski bisa ditutupi dengan makeup, namun kantung mata hitam tidak bisa hilang secara permanen. Untuk menghilangkan kantung mata sepenuhnya, berikut bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan:

1. Bengkuang

Bengkuang dikenal bermanfaat untuk merawat kulit, seperti mencerahkan kulit. Selain itu, bengkuang juga dapat menghilangkan kantung mata hitam secara efektif. Caranya, haluskan bengkuang yang telah dikupas dan dicuci bersih, kemudian letakkan pada waslap dan tempelkan pada area mata. Sensasi dingin yang dihasilkan bengkuang nantinya akan menyegarkan area di sekitar mata, sehingga mata akan terasa lebih cerah saat dibuka.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami

2. Mentimun

Cara menghilangkan kantung mata lainnya adalah menggunakan mentimun. Mentimun mudah ditemukan dan kaya manfaat, terutama merawat kulit wajah. Caranya, haluskan mentimun dan gunakan sebagai masker wajah atau iris tipis mentimun untuk digunakan sebagai kompres mata. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan area bawah mata yang cerah dan segar. 

3. Kantung teh

Kantung teh juga efektif dalam membantu mengatasi kantung mata hitam. Hal ini dikarenakan kantung teh mengandung zat tanin yang bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori dan mengencangkan kulit. Caranya, siapkan kantung teh, celupkan pada air dingin, lalu gunakan untuk mengompres mata Anda selama 20 menit.

4. Es batu

Penelitian membuktikan bahwa es batu yang digunakan untuk mengompres akan memberikan kesegaran bagi kulit. Caranya, tempelkan es batu yang dibungkus dengan waslap, lalu tempelkan pada mata selama kurang lebih 15 menit. Rasakan sensasi dingin yang akan membuat mata Anda lebih segar.

5. Tomat

Tomat juga bisa digunakan sebagai cara untuk mengatasi kantung mata hitam. Caranya, potong tomat yang sudah dibersihkan, lalu tempelkan pada mata Anda, diamkan selama 30 menit. Lakukan secara rutin untuk hasil yang optimal. 

6. Minyak kelapa

Kandungan antiinflamasi dalam minyak kelapa efektif untuk meredakan bengkak dan mencerahkan lingkaran hitam di bawah mata. Selain itu, minyak kelapa juga dapat melembapkan kulit dan mencegah kerutan dan garis halus. Gunakan minyak kelapa sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu bilas di pagi hari.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout