Blog

cara menghilangkan bintitan di mata

3 Cara Menghilangkan Bintitan di Mata yang Efektif

Bintitan merupakan benjolan seperti jerawat pada kelopak mata. Benjolan ini umumnya terasa nyeri, membengkak, memerah, dan menyebabkan mata berair. Ada beberapa cara untuk menghilangkan bintitan di mata.

Bintitan biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri yang tumbuh di bagian akar bulu mata. Meski terlihat sepele, namun bintitan bisa menyebabkan komplikasi jika tidak diobati segera. Berikut beberapa cara menghilangkan bintitan di mata yang bisa dilakukan di rumah.

Cara Menghilangkan Bintitan di Mata

Bintitan biasanya hanya terjadi sekitar beberapa hari sebelum akhirnya mengempis dan sembuh. Anda tidak dianjurkan untuk memencet bintitan, karena bisa menyebarkan infeksi di sekitar lokasi bintitan. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan beberapa cara menghilangkan bintitan di mata berikut: 

1. Kompres air hangat

Caranya, rendam handuk bersih yang sudah diendam dalam air hangat. Peras hingga air tidak lagi menetes, lalu tempelkan handuk tersebut di lokasi bintitan. Suhu hangat dari air akan membantu mengencerkan nanah di dalamnya dan mengempiskan bintitan secara alami. Anda dapat mengompres bagian mata dengan obat mata selama 10 menit, sekitar empat kali sehari.

2. Kompres teh kantong

Untuk mengobati bintitan, pilihlah teh hitam yang mengandung bahan antibakteri yang bisa membantu proses penyembuhan dan mengurangi pembengkakan. Caranya, seduh teh hitam terlebih dahulu dalam cangkir dengan air panas. Tunggu sekitar satu menit, lalu angkat teh kantong dari cangkir, diamkan lagi hingga tidak terlalu panas, lalu tempelkan pada mata sekitar 5-10 menit. 

3. Bersihkan mata dengan lembut

Rutin membersihkan lokasi mata yang terinfeksi juga bisa Anda lakukan untuk mengobati mata bintitan. Caranya, gunakan air bersih dan sabun yang lembut. Lakukan dengan mata tertutup agar tidak menimbulkan iritasi. Selain itu, hindari penggunaan make up di sekitar mata, serta pemakaian lensa kontak agar tidak terjadi penyebaran infeksi.

Bintitan memang bukan penyakit serius, namun kondisi ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika Anda sudah menggunakan obat bintitan alami di atas, namun bintitan tidak juga mereda, bahkan semakin terasa nyeri atau membesar, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Pengobatan Bintitan

Bintitan umumnya bisa sembuh dalam waktu 7-21 hari, terutama jika bintitan telah pecah dan mengeluarkan nanah. Namun, hindari atau memecahkan bintitan sendiri, karena bisa memicu penyebaran infeksi.

Berikut beberapa cara untuk mengurangi gejala dan rasa tidak nyaman akibat bintitan:

  • Cucilah kelopak mata yang bintitan dengan sabun berbahan lembut dan hindari pemakaian kosmetik mata sampai bintitan sembuh. 
  • Mengompres kelopak mata 2-4 kali sehati dengan handuk yang sudah direndam air hangat.
  • Hindari penggunaan lensa kontak sampai bintitan benar-benar sembuh.
  • Konsumsilah obat pereda nyeri yang dijual bebas tanpa resep, seperti paracetamol, untuk meredakan rasa sakit pada mata.

Jika Anda sudah melakukan berbagai cara di atas, namun bintitan tidak kunjun sembuh atau bahkan semakin parah, segera periksakan diri ke dokter. Penanganan yang umumnya dilakukan oleh dokter adalah memberikan salep atau tetes mata antibiotik. Jika bintitan tidak juga membaik dengan obat-obatan tersebut, dokter mata akan melakukan sayatan kecil pada bintil untuk mengeluarkan nanah.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout