Blog

Daftar Makanan yang Dianjurkan untuk Pengidap Anemia

Daftar Makanan yang Dianjurkan untuk Pengidap Anemia

Anemia merupakan kondisi ketika tubuh memiliki sedikit sel darah merah dan ditandai dengan tubuh yang terasa lelah dan sakit kepala. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengonsumsi berbagai makanan yang dianjurkan untuk pengidap anemia.

Anemia umumnya disebabkan karena kadar zat besi yang tidak cukup di dalam tubuh, sehingga jumlah hemoglobin menurun. Oleh karena itu, Anda perlu memenuhi asupan zat besi harian dengan mengonsumsi beberapa makanan yang dianjurkan untuk pengidap anemia berikut.

Zat besi berperan penting dalam produksi hemoglobin. Oleh karena itu, pengidap anemia dianjurkan untuk mengonsumsi beberapa makanan yang tinggi zat besi berikut:

1. Bayam

Makanan yang dianjurkan untuk pengidap anemia lainnya adalah bayam. Bayam merupakan salah satu sayuran yang paling tinggi kandungan vitaminnya, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, dan vitamin E. Bayam juga kaya akan kandungan beta karoten, serat, dan zat besi yang bermanfaat untuk pembentukan hemoglobin, sehingga mencegah tubuh kekurangan zat besi.

Agar kandungan gizinya tetap terjaga, pastikan Anda memasak bayam tidak terlalu lama. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, pengidap anemia dianjurkan mengonsumsi bayam sebanyak dua kali dalam sehari.

2. Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang dianjurkan untuk penderita anemia. Hal ini dikarenakan telur tinggi zat besi, yaitu sebesar 1.02 miligram, sehingga dapat membantu mencegah gejala anemia. Selain itu, telur juga kaya akan kandungan protein yang berperan penting dalam membangun dan memperbaiki jaringan, serta antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit.

Telur mudah didapatkan dan bisa diolah dalam berbagai cara. Namun, pengidap anemia sebaiknya mengonsumsi telur dengan cara direbus dan bukan digoreng. Pengidap anemia juga perlu menjaga porsi makanan agar tidak berlebihan.

3. Daging merah

Kandungan vitamin B12 yang tinggi dalam daging merah berfungsi untuk membentuk hemoglobin. Meski demikian, pengidap anemia dianjurkan untuk mengonsumsi daging merah tanpa lemak atau sedikit lemak.

Ahli merekomendasikan pengidap anemia untuk mengonsumsi daging merah setidaknya 2 kali dalam sehari. Sebaiknya daging merah dimasak dengan benar agar kandungan nutrisinya tidak hilang. Selain itu, daging merah harus bersih sebelum dimasak dan harus benar-benar matang.

4. Tiram 

Tiram juga baik dikonsumsi oleh pengidap anemia. Hal ini dikarenakan tiram kaya akan zat besi, yang bermanfaat untuk meningkatkan jumlah hemoglobin di dalam tubuh. Selain itu, tiram mengandung vitamin B12 yang penting untuk kesehatan. Untuk mendapatkan manfaatnya, pengidap anemia dianjurkan untuk mengonsumsi tiram sebanyak dua kali dalam satu minggu.

5. Tomat

Tomat juga termasuk salah satu makanan yang direkomendasikan untuk pengidap anemia. Hal ini dikarenakan tomat kaya akan zat besi, sehingga baik untuk meningkatkan jumlah hemoglobin dalam tubuh. Selain itu, tomat juga mengandung vitamin C dan likopen yang berfungsi untuk membantu meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi.

Untuk mendapatkan manfaat tomat secara optimal, konsumsi sebanyak satu kali sehari. Tomat bisa dikonsumsi secara langsung, dicampur ke makanan lain, atau dijadikan jus tanpa gula.

Jika Anda masih ada pertanyaan mengenai makanan untuk anemia,  sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk informasi lebih lengkap.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout