Blog

3 Manfaat Vitamin Asam Folat untuk Ibu Hamil. Simak artikel tentang vitamin asam folat untuk ibu hamil di sini

3 Manfaat Vitamin Asam Folat untuk Ibu Hamil

Mengonsumsi nutrisi yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Salah satu nutrisi yang perlu dipenuhi asupannya selama kehamilan adalah vitamin asam folat. Ketahui manfaat vitamin asam folat dan sumber alaminya.

Asam folat berfungsi untuk membuat sel darah merah normal dan mencegah anemia. Oleh karena itu, asupan asam folat sangat penting untuk dipenuhi ibu hamil. Berikut beberapa manfaat vitamin asam folat untuk ibu hamil dan sumber alaminya.

Manfaat Vitamin Asam Folat untuk Ibu Hamil 

Vitamin asam folat dibutuhkan ibu hamil, karena memiliki beberapa manfaat berikut:

1. Menurunkan risiko preeklampsia

Salah satu manfaat vitamin asam folat adalah mencegah terjadinya preeklampsia. Preeklampsia adalah komplikasi kehamilan yang ditandai dengan peningkatan tekanan darah, peningkatan kadar protein dalam urine, dan bengkak-bengkak. Preeklampsia akan meningkatkan risiko ibu hamil mengalami eklamsia atau kejang yang berbahaya saat hamil. Kondisi ini juga bisa meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan kurang.

2. Mencegah cacat tabung saraf

Manfaat vitamin asam folat lainnya adalah mencegah risiko terjadinya cacat tabung saraf pada bayi, seperti anensefali dan spina bifida. Anensefali adalah kondisi di mana bayi dilahirkan tanpa otak dan tulang tengkorak. Bayi yang menderita anensefali umumnya akan meninggal setelah melahirkan. Sedangkan, spina bifida adalah kelainan yang membuat bayi memiliki celah pada tulang belakang dan saraf tulang belakang. Bayi yang mengalami kondisi ini akan berisiko mengalami berbagai komplikasi, seperi masalah tumbuh kembang, kesulitan berjalan, hingga kecacatan permanen.

3. Mencegah keguguran

Mencegah terjadinya keguguran juga merupakan manfaat vitamin asam folat. Keguguran merupakan hilangnya kehamilan atau kematian janin saat usia kehamilan tergolong muda, yaitu kurang dari 20 minggu. Selain keguguran, asam folat juga diketahui dapat menurunkan risiko terjadinya beberapa gangguan kehamilan lain, seperti kelahiran prematur dan gangguan pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Makanan yang Mengandung Vitamin Asam Folat

Asupan vitamin asam folat untuk ibu hamil bisa didapatkan dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut:

1. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan yang kaya akan asam folat, antara lain kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, kacang polong, kacang walnut, dan kacang tolo. Kacang-kacangan, terutama kacang merah, juga baik dikonsumsi selama kehamilan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau, seperti seledri, bayam, lobak, dan kangkung adalah sumber asam folat yang baik untuk ibu hamil. Dalam satu porsi sayuran hijau, dapat memenuhi asupan asam folat harian. Selain itu, sayuran hijau juga tinggi serat, vitamin K, dan vitamin A yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

3. Telur

Telur juga merupakan sumber asam folat yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Selain asam folat, telur juga mengandung beberapa nutrisi penting lainnya, seperti protein, vitamin B12, selenium, dan riboflavin. Telur juga tinggi lutein dan zeaxanthin, yaitu antioksidan yang berfungsi untuk membantu mengurangi risiko terjadinya gangguan mata, seperti degenerasi makula.

4. Buah-buahan

Beberapa buah-buahan yang tinggi asam folat, antara lain keluarga sitrus, seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali. Selain itu, buah-buahan yang juga tinggi asam folat adalah alpukat, buah bit, pisang, pepaya, serta melon jingga.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout