Blog

sayur yang mengandung vitamin b

6 Sayur yang Mengandung Vitamin B

Salah satu nutrisi yang yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan mengoptimalkan fungsi tubuh adalah vitamin B. Vitamin B pada umumnya bisa Anda temukan dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari, salah satunya sayur. Apa saja sayur yang mengandung vitamin B? 

Selain jenis sumber hewani, seperti daging dan susu, makanan yang mengandung vitamin B juga termasuk pada sumber nabati seperti sayur yang mengandung vitamin B. Apa saja sayur yang mengandung vitamin B? Berikut lima di antaranya:

Sayur yang Mengandung Vitamin B

Vitamin B penting dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit. Beberapa risiko penyakit yang timbul jika tubuh kekurangan vitamin B, antara lain gigi berlubang, gangguan pada sistem saraf, iritasi, radang pada lidah, serta tubuh yang terasa sangat lemas. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B, seperti sayur, sangat penting untuk tubuh. Berikut lima sayur yang mengandung vitamin B untuk Anda konsumsi:

1. Bayam

Siapa yang tidak mengenal bayam? Sayur yang mudah ditemukan dan harganya murah ini merupakan salah satu sayur yang paling banyak dikonsumsi. Bayam juga mengandung vitamin B yang sangat mudah dicerna tubuh. Selain itu, bayam memiliki beberapa manfaat, antara lain membantu mengatasi masalah sembelit, melindungi lambung, dan mencegah penumpukan racun di usus besar.

2. Kembang Kol

Sayur yang mengandung vitamin B berikutnya adalah kembang kol. Dengan bentuk seperti bunga dan berwarna putih, serta rasa yang manis, kembang kol sekilas mirip dengan brokoli. Kembang kol mengandung vitamin B yang sangat lengkap, sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Kembang kol juga mengandung beragam nutrisi lain, seperti asam lemak omega-3, protein, fosfor, kalium, dan vitamin K. Selain itu, kandungan karotenoid dalam kembang kol juga berfungsi untuk melawan radikal bebas penyebab berbagai penyakit, seperti kanker dan jantung.

3. Mentimun

Kandungan vitamin B yang beragam dalam mentimun membuatnya sangat penting untuk dikonsumsi secara rutin. Mentimun juga memiliki khasiat sebagai zat anti inflamasi yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kerja otak. Manfaat mentimun lainnya terdapat dalam senyawa lignan, yaitu lariciresinol, secoisolariciresinol, dan pinoresinol, yang berfungsi untuk mencegah pembentukan sel kanker prostat, rahim, dan payudara.

4. Lobak

Lobak adalah sayur yang mengandung vitamin B lainnya. Vitamin B dalam lobak bermanfaat dalam mencegah berbagai peradangan dalam tubuh, mencegah penyakit jantung dan berbagai jenis penyakit kerapuhan tulang. Selain itu, lobak yang dikonsumsi secara mentah juga berkhasiat untuk membantu proses pencernaan dan proses sintesis lemak, protein, serta karbohidrat.

5. Brokoli

Brokoli merupakan savuran yang kaya nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B9 (folat), vitamin C, vitamin E, vitamin K, serat, protein, karbohidrat kompleks, dan lainnya. Dengan kandungan nutrisi yang lengkap, brokoli kaya manfaat, seperti memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan, meningkatkan kepadatan tulang, serta mencegah dan memperbaiki kerusakan kulit.

6. Asparagus

Salah satu sumber alami vitamin B, asparagus mengandung vitamin B9 (folat), vitamin B2 (riboflavin), dan vitamin B1 (thiamin). Beberapa studi menunjukkan bahwa asparagus bermanfaat untuk organ hati, terutama membantu fungsi metaboliknya dan melindungi organ hati melawan keracunan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout