Blog

cara menghilangkan kantung mata secara alami

6 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Kantung mata atau lingkaran hitam sering dikeluhkan oleh banyak perempuan karena membuat wajah terlihat lesu, kusam, dan tidak sehat. Kantung mata biasanya muncul karena berbagai faktor, seperti pertambahan usia, kelelahan, kurang tidur, stres, dan lainnya. Cara menghilangkan kantung mata secara alami adalah salah satu solusi agar wajah Anda dapat terlihat segar dan sehat kembali.

Perawatan untuk menghilangkan kantung mata sebenarnya bisa Anda lakukan di rumah. Dengan menggunakan bahan-bahan alami dan menerapkan gaya hidup sehat, Anda bisa mendapatkan kulit wajah yang segar dan sehat. Berikut 6 cara untuk menghilangkan kantung mata yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Perbanyak Konsumsi Makanan yang Kaya Akan Vitamin C

Tubuh membutuhkan kolagen untuk membantu menjaga elastisitas atau kelenturan kulit. Namun, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh semakin berkurang, sehingga kulit kantung mata mulai mengendur dan muncul garis-garis serta kerutan halus. Agar asupan kolagen di dalam tubuh tetap terjaga, Anda perlu rutin mengonsumsi vitamin C, seperti sayuran berdaun hijau, jeruk, tomat, keju, susu, telur, dan kacang kedelai, agar kulit tetap halus, kencang, dan terlihat awet muda.

2. Perbanyak Konsumsi Kalium

Cara menghilangkan kantung mata secara alami berikutnya adalah rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan kalium. Asupan kalium yang cukup dapat membantu mengurangi kelebihan cairan dalam tubuh yang memicu munculnya kantung mata. Sumber kalium, antara lain pisang, kacang, yoghurt, dan sayuran hijau.

3. Mengurangi Konsumsi Garam

Salah satu penyebab munculnya kantung mata dan mata panda adalah konsumsi garam yang berlebihan. Oleh karena itu, sebaiknya batasi mengonsumsi makanan yang tinggi garam, seperti junk food dan keripik kentang. Selain mencegah munculnya kantung mata, mengurangi makanan tinggi garam juga dapat menurunkan risiko hipertensi.

4. Mengompres Mata

Mengompres mata juga bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kantung mata. Caranya, kompres mata dengan kain bersih yang dibasahi air dingin atau es batu yang dibalut dengan kain bersih, diamkan selama beberapa menit sambil sedikit menekan-nekan mata Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kantung teh hijau yang telah dibasahi. Kandungan antioksidan dalam teh hijau dapat membantu meredakan peradangan.

5. Olahraga Wajah

Melakukan yoga wajah dapat mengurangi tanda-tanda penuaan pada area sekitar mata dan melatih otot-otot mata agar lebih kencang. Pose yoga, seperti shoulder stand dan back bends dapat membantu meningkatkan aliran darah ke wajah, sehingga dapat mengurangi kelebihan cairan dan pembengkakan, yang sekaligus mengatasi mata panda.

6. Tidur yang Cukup dengan Posisi yang Benar

Jika Anda kurang tidur atau tidur kurang dari 7 jam, cairan yang seharusnya kembali ke saluran darah akan terjebak di dalam jaringan, termasuk jaringan mata, yang menimbulkan kantung mata. Untuk mencegah hal tersebut, pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup, yaitu 7 – 8 jam untuk orang dewasa. Selain waktu tidur yang cukup, posisi tidur yang benar juga dapat mengurangi kantung mata. Cobalah untuk tidur secara terlentang dengan meninggikan posisi kepala Anda dan tambahkan jumlah bantal agar kepala sedikit terangkat. Cara menghilangkan kantung mata secara alami ini mampu membantu mencegah retensi cairan di sekitar mata saat Anda tidur, sehingga bisa mengatasi mata panda.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout